Mohon tunggu...
Jeremia MartinPurba
Jeremia MartinPurba Mohon Tunggu... Mahasiswa - .

.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Proses Bisnis PT INKA

18 Oktober 2021   11:04 Diperbarui: 18 Oktober 2021   11:08 168 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Transportasi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Wirestock

Sebagai makhluk sosial kita sebagai manusia pasti harus berinteraksi dengan yang lainnya . Salah satu caranya adalah kita berpergian ke suatu tempat dan dari situ akan menghasilkan suatu percakapan. Berbicara tentang berpergian akan identik dengan transportasi, contohnya seperti kereta api . Dapat kita ketahui bahwa PT INKA hadir untuk mempermudah kita untuk berpergian ke suatu tempat. PT INKA hadir untuk menghasilkan kereta api yang berkualitas untuk konsumen yang akan menggunakannya .

PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) manufaktur kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara. PT INKA merupakan perusahaan manufaktur sarana kereta api dan transportasi terpadu pertama di Asia Tenggara. PT INKA berkomitmen untuk menghasilkan produk dan jasa berkualitas terbaik bagi semua konsumen. Produkproduk PT INKA telah dioperasikan di berbagai dunia, antara lain di Bangladesh, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand dan Australia. 

Berawal dari industri manufaktur sarana kereta api hingga berkembang menjadi penyedia sarana kereta api dan transportasi terpadu, selama lebih dari 30 tahun INKA selalu mendorong perkembangan industri transportasi di Indonesia. Pada video tersebut kita melihat logo INKA, dari logo tersebut memiliki makna yang sesuai dengan visi dam misi PT INKA yaitu :

a. Karakter Kokoh dan Kuat, digambarkan dalam pemakaian garis tebal yang membentuk gerak dan lingkaran yang menyatu utuh, menggambarkan perusahaan yang tangguh menghadapi perubahan lingkungan bisnis.

b. Karakter Dinamis dalam Menjalankan Aktivitas, digambarkan oleh panah yang bergerak melingkar dua arah dengan tujuan tanpa balas, memberi gambaran pencapaian pengembangan usaha secara terus menerus menggambarkan tujuan perusahaan tumbuh dan berkembang.

c. Karakter Industri Kereta Api, digambarkan oleh elemen dua kepingan serta garis lingkaran putih yang terdapat pada lingkaran panah, sehingga gerakan dua arah dengan kepingan serta garis lingkaran putih sebagai porosnya, memberi kesan gerak roda industri kereta api dan transportasi yang terus menerus. 

d. Karakter Terbuka, dengan ditambahkan kata "INKA" memberikan kemudahan kepada siapa saja untuk mengenali logo/lambang maupun keberadaan PT INKA (Persero), menggambarkan bahwa PT INKA (Persero) terbuka kepada para stakeholder Kemudian dalam pemilihan warna pada logo juga memiliki makna. Pemilihan warna merah, hitam, dan putih memberikan gambaran tentang Tri Prasetya INKA, yaitu lntegritas, Mutu, dan Profesional. * Warna merah, melambangkan perusahaan yang selalu mengedepankan profesionalisme, siap menghadapi tantangan, ulet, dan penuh semangat untuk meraih tujuan perusahaan. * Warna hitam, melambangkan perusahaan yang kokoh, teguh, mengedepankan mutu dan tepat waktu didalam setiap menghasilkan produknya. * Warna dasar putih, melambangkan profesionalisme yang berdasarkan iman dan taqwa, menjunjung tinggi integritas dan kejujuran, memiliki daya saing berkelanjutan, serta menghasilkan nilai tambah pada lingkungan PT. Industri Kereta Api (INKA) didirikan pada 18 Mei 1981. Kantor pusat PT INKA (Persero) berdiri di kawasan Jalan Yos Sudarso, Madiun, Jawa Timur. Keberadaan kantor pusat dan sekaligus pabrik kereta api yang dulu merupakan Balai Yasa Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) di atas lahan seluas 22,5 hektar itu menjadi saksi sejarah perjalanan panjang PT INKA (Persero) yang merupakan BUMN manufaktur sarana perkereta-apian pertama dan terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) ini. Dalam proses menghasilkan kereta-kereta yang diproduksi oleh PT INKA, berbeda jenis kereta akan berbeda pula tahap pembuatannya tetapi rata-rata hampir menyerupai dengan jenis lainnya. Contoh dalam pembuatan kereta ekonomi (KMP3) AC, dalam proses produksinya dilakukan beberapa tahap yaitu bagian pengerjaan plat, perakitan,pengecatan, pemasangan komponen, permesinan , bagian interior dan didukung oleh bagian quality control, perencanaan dan pengendalian produksi serta bagian quality assurance.

PT INKA menjalin Kerjasama dengan berbagai perusahaan lintas negara, dengan pengalaman Kerjasama internasional telah terjadi dampak peningkatan kemampuan secara langsung bagi SDM di PT INKA. PT INKA memproduksi kereta penumpang mulai dari kelas ekonomi hingga eksekutif. Kapabilitas PT INKA telah didukung dengan pengujian kereta seperti locomotive & wagon examination, static test-weight balance, ride index test. PT INKA sudah menghasilakn beberapa produk berupa gerbong barang,kereta penumpang, kereta rel listrik gerbong barang untuk Malaysia,kereta rel listrik VVVF, kereta eksekutif Argo Bromo, lokomotif untuk Filipina, kereta eksekutif Argo Bromo, Ballast hopper wagon untuk Thailand, kereta listrik Indonesia, Power generating car dan bogie refer flat wagon untuk Malaysia, container wagon bodies dan blizzard center sills untuk Australia, kereta penumpang untuk Bangladesh, kereta rel diesel dan rail bus, articulated bus dan lain-lain. Untuk tujuan jarak pendek PT INKA megembangkan kereta diesel multiple unit dan rail bus . Keret aini dirancang dengan teknologi modern , operasional yang mudah, dan memberikan kenyamanan pada penumpang. Dengan berkembangnya PT INKA dari tahun ke tahun akan memudahkan konsumen dan pelanggan dalam berpergian suatu tempat dan produk yang dihasilkan akan semakin bagus dan baik ke depannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan