Mohon tunggu...
JepretPotret
JepretPotret Mohon Tunggu... Rekening PermataBank(Kode: 013) a/c: 9.8.0.9.0.8.7.9.8.8

........

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Inspirasi Harmoni Nusantara, Menebar Inspirasi Membangun Bangsa

2 Maret 2017   18:16 Diperbarui: 2 Maret 2017   22:19 635 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inspirasi Harmoni Nusantara, Menebar Inspirasi Membangun Bangsa
Jajaran Direksi Astra International Tbk [atas.dok-Humas Astra] Konser Inspirasi Astra 60 [bawah-Dok.Pribadi]

Pada 20 Februari 1957 dengan awalnya hanya memiliki empat karyawan, kini PT Astra International Tbk telah menjadi pohon rindang bagi 208 lebih anak usaha yang ditopang oleh 214.835 karyawan di seluruh Indonesia. Komitmen Astra yang telah berkarya dan berkontribusi selama 60 tahun ini, diwujudkan nyata dalam memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat. Cita-cita Sejahtera Bersama Bangsa adalah faktor kunci Astra dalam bertahan melewati berbagai kondisi perekonomian. Ini dilakukan melalui tahapan strategi pertumbuhan jangka panjang serta tentunya dengan berbagai inovasi yang berkelanjutan, untuk menuju Goal 2020 sebagai Pride of the Nation. Budaya inovasi dan improvement oleh insan Astra ini dikembangkan melalui program InnovAstra sejak tahun 1982, dan hingga kini telah menghasilkan 7.390.385 proyek inovasi.

Dalam rangkaian menuju puncak 60 tahun Astra, telah dimulai dengan penyelenggaran SatuIndonesia Award 2016 dan Anugerah Pewarta Astra 2016. Program Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (Satu Indonesia) Award merupakan program tahunan memperingati Sumpah Pemuda yang memberikan apresiasi kepada pemuda pemudi Indonesia berusia maksimal 35 tahun, yang memiliki kegiatan orisinal dan belum pernah menerima penghargaan tingkat nasional / internasional dalam kategori Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Kesehatan, Teknologi dan Kelompok.  Untuk Program Anugerah Pewarta Astra di tahun 2016 sangat istimewa, karena selain kategori wartawan adapula kategori umum yang telah memberikan kesempatan masyarakat (termasuk blogger) untuk berkontribusi menuangkan inspirasi karya tulis mengenai perjalanan 60 Tahun Astra.

Kemudian pada 24 Februari 2017 lalu momentum 60 Tahun Astra dilanjutkan dengan Konser Musik bertemakan Inspirasi Harmoni Nusantara. Prijono Sugiarto (Presiden Direktur PT Astra International Tbk) beserta jajaran manajemen hadir dengan para undangan khusus seperti anak usaha Astra, para UKM binaan berbagai yayasan Astra hingga para pemangku kepentingan (stakeholders). Turut hadir beberapa Menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi-JK, anggota DPR-MPR RI, mantan Wakil Presiden RI BJ Habibie, serta keluarga besar para pendiri awal Astra.

Prijono Sugiarto (berkacamata memakai batik putih pink) menyambut tamu undangan [dok.Pribadi]
Prijono Sugiarto (berkacamata memakai batik putih pink) menyambut tamu undangan [dok.Pribadi]
Sajian kuliner Konser Inspirasi Astra 60 [Dok.Pribadi]
Sajian kuliner Konser Inspirasi Astra 60 [Dok.Pribadi]
Sajian kuliner Konser Inspirasi Astra 60 [dok.Pribadi]
Sajian kuliner Konser Inspirasi Astra 60 [dok.Pribadi]
Sajian kuliner Konser Inspirasi Astra 60 [dok.Pribadi]
Sajian kuliner Konser Inspirasi Astra 60 [dok.Pribadi]
Sebelum menyaksikan konser, para tamu undangan mendapatkan jamuan icip-icip kuliner nusantara yang luar biasa beraneka rasa, sehingga lidah~mulut~bibir~perut saling bersahutan ingin mencicipi sesuai selera. Ada Soto Betawi, Soto Padang, Mie Godog, Kambing Guling, Bebek Padang Cabe Ijo, Serabi Bandung, Nasi Liwet, Nasi Bali, Es Doger, Es Tebak, Bir Pletok.  

Konser Inspirasi 60 Tahun Astra menggambarkan betapa besarnya negeri Indonesia dengan kekayaan alam luar biasa dan keberagaman budaya yang unik. Ada penyanyi Glenn Fredly, duet Harvey Malaiholo & Ruth Sahanaya , Gita Gutawa, Sophia Latjuba,  Gabriel Harvianto & Berlian Hutauruk, Anak DiAtas Rata-Rata.  Performa suara khas mereka didukung dengan iringan penampilan prima Erwin Gutawa Orchestra, Impromptu Choir, Dawai Nusantara, Rafflesia Percussion Bengkulu.  

Konser Inspirasi Astra 60 [dok.Pribadi]
Konser Inspirasi Astra 60 [dok.Pribadi]
Hadirin pun disuguhi aksi memukau dari tradisi Pencak Silat yang telah menjadi cabang olahraga mendunia. Di penghujung acara Konser Inspirasi 60 Tahun Astra, diluncurkan buku manajemen kontemporer karya Yakub Liman berjudul "Astra on becoming Pride of the Nation" yang menapak tilas perjalanan 60 Tahun Astra di Indonesia.  

Kemudian pada 25 Februari 2017 kembali Prijono Sugiarto beserta direksi Astra meresmikan program aksi tanggap sosial perusahaan yaitu Inspirasi Halte Bersih, yang awal pelaksanaan dimulai  di Halte Lapangan Panahan Senayan Jakarta. Program renovasi  ini bertujuan mempercantik dan membersihkan 600 halte di 60 kota di Indonesia. Kegiatan ini akan melibatkan karyawan, masyarakat dan pelanggan (customer) Grup Astra di seluruh Indonesia. 

Peresmian Inspirasi Halte Bersih di Halte Panahan Senayan Jakarta [WartaKota-Tribunnews.com]
Peresmian Inspirasi Halte Bersih di Halte Panahan Senayan Jakarta [WartaKota-Tribunnews.com]
Lalu puncak acara di Jakarta Convention Center pada 25-26 Februari 2017, dengan penyelenggaraan Pameran Inspirasi 60 Tahun Astra. Pameran selama dua hari menampilkan berbagai macam portofolio tujuh lini bisnis Astra, program tanggap sosial (CSR) Astra yang berada di Anjungan Astra. Kegiatan tersebut juga menampilkan aneka permainan / kompetisi berhadiah menarik, 60 sajian kuliner daerah di dalam arena Dapur Nusantara, arena Pojok Bermain yang luas bagi anak-anak, kegiatan edukasi di Beranda Wawasan (seminar kewirausahaan bersama Astra Mitra Ventura & YDBA, seminar start--up company bersama Billy Boen, seminar fotografi bersama Kristupa Saragih & FX Sri Maryono, seminar Kampung Berseri Astra bersama Shafiq Pontoh, seminar be a smart blogger bersama Ichsan Permana),  pertunjukkan hiburan penyanyi / artis papan atas Indonesia di arena Pelataran Kreasi (Kahitna, GAC, Maliq D'Essential, Soleh Solihun), serta ajang kopi darat 10 komunitas di arena Balai Komunitas (Astra Runners, Fotografer. Net, Tomoci, Young on Top, 1.000 Guru, Modcom, GNFI, Historia Indonesia, Lego Indonesia, Doodle Art Indonesia).

Seminar di arena Beranda Wawasan [dok.Pribadi]
Seminar di arena Beranda Wawasan [dok.Pribadi]
Bagi yang tak sempat menyaksikan kemeriahan Perayaan Inspirasi 60 Tahun Astra di Jakarta, nantikanlah roadshow spektakulernya di kota Jogjakarta (28-30 April 2017), Balikpapan 19-21 Mei 2017), Surabaya (21-23 Juli 2017), Medan (29-30 September & 1 Oktober 2017), Makassar (17-19 November 2017). Saatnya untuk berbagi inspirasi dan memberikan yang terbaik untuk menjadi kebanggaan bangsa.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x