Mohon tunggu...
Jennifer
Jennifer Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Management Resiko

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Pedang Bermata Dua Era Globalisasi

18 September 2021   18:12 Diperbarui: 18 September 2021   18:17 279 0 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pedang Bermata Dua Era Globalisasi
Ilustrasi Komunikasi Global | Source : Vectorstock

Globalisasi bukan merupakan hal asing lagi di era sekarang ini. Dari memudahkan sampai membahayakan dapat disebabkan oleh globalisasi. Globalisasi membuat dunia menjadi tidak terbatas, saling berkaitan dan membutuhkan satu sama lain dalam prosesnya. Tidak ada satupun negara yang lolos dari ini.

Salah satu bidang yang sangat terpengaruh paling besar oleh globalisasi adalah bidang komunikasi. Alat komunikasi  dari memakai asap, burung, surat, sampai sekarang sudah terdapat telepon genggam. Tidak membutuhkan berhari - hari untuk mengirimkan dan mendapat balasan. Tidak sampai sedetik, pesan kita sudah terkirim dan bisa langsung mendapatkan balasan. 

Media komunikasi atau yang sekarang disebut juga sebagai media sosial juga terus berkembang. Dari yang menggunakan Messenger sekarang sudah terdapat Whatsapp, Line, Instagram, Twitter dan lainnya. 

Perkembangan komunikasi merupakan pedang bermata dua, bisa membawa kebaikan dan juga keburukan. Hal ini tergantung pada individu yang menggunakannya. Kelebihan dari komunikasi global salah satunya adalah kemudahan berkomunikasi itu sendiri. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kita tidak perlu menunggu lama agar pesan kita terkirim selama kita memiliki koneksi yang bagus, tidak sampai 1 detik pesan kita sudah tersampaikan.

Kemudahan mendapat informasi juga sangat terasa di era globalisasi. Jika pada jaman dahulu kita harus pergi ke perpustakaan untuk mencari informasi, sekarang kita hanya cukup browsing saja melalui telepon genggam. Bahkan sekarang terdapat e-library, e-book, dan juga terdapat e-journal. Mencari perkembangan berita juga tidak harus melalui koran atau menonton televisi, sekarang terdapat aplikasi khusus menyediakan berita terupdate dari berbagai topik, contohnya seperti aplikasi Kompas.

Di luar semua kelebihan yang sudah saya sebutkan, tentunya  memiliki risiko juga. Risiko pertama adalah banyaknya informasi yang masuk. Sebenarnya hal ini bisa menjadi keuntungan dan kerugian. Jika kita pandai menyaring mana hal yang berguna dan merupakan fakta, maka informasi itu tentunya sebuah hal yang bermanfaat. 

Manusia yg cerdas dalam era globalisasi ialah orang yang pandai & bijak membendung pengaruh buruk dari globalisasi.
-Susilo Bambang Yudhoyono
 

Bagaimana jika kita tidak bisa menyaring informasi? Tentunya kita akan banyak termakan hoax. Sekarang ini informasi yang masuk terlalu banyak, sehingga kita merasa terlalu overwhelmed dengan informasi yang ada. Kita tidak bisa membedakan mana informasi yang benar dan salah. Kita tidak bisa membatasi informasi yang ada, namun kita bisa membatasi informasi mana yang ingin kita terima dan cerna. 

Hal penting lainnya adalah ketika membagikan informasi pada orang lain, kita harus memastikan dulu kebenaran dari berita itu sendiri. Jangan sampai membuat orang menerima berita atau informasi yang tidak jelas kebenarannya. Hal ini membantu orang lain dan juga diri sendiri

Risiko selanjutnya yang lumayan sering terjadi adalah terancamnya data pribadi atau privacy. Telah ditemukan banyak sekali kasus kebocoran data pribadi. Hal ini sangat meresahkan bagi pengguna internet. Belum lama ini salah satu kasus yang mengehebohkan adalah kasus Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu platform jual beli online terbesar di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan