Mohon tunggu...
Jennifer
Jennifer Mohon Tunggu... FISIP 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Writing. Reading. Detective Conan addict.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sebelum Seruan "Boikot Produk Prancis", Simak Fakta Menarik Seputar Iklan Global L'Oreal Paris

22 November 2020   13:51 Diperbarui: 22 November 2020   14:19 73 1 0 Mohon Tunggu...

Pernah dengar nama L'Oréal Paris? 

Atau justru sering menggunakannya?

Para ladies pasti sudah tidak asing dengan nama ini. L'Oréal Paris merupakan salah satu brand kecantikan yang berasal dari Prancis. Brand ini terdiri dari berbagai macam jenis produk seperti perawatan kulit, tata rias, bahkan sampai perawatan rambut (L'Oréal Paris, n.d.).

Prancis sebagai salah satu core nation tentu memiliki cara tersendiri dalam memasarkan produknya, termasuk L'Oréal Paris. Bekerja sama dengan McCann Worldgroup, L'Oréal Paris menciptakan iklan-iklan kreatif yang tersebar di berbagai belahan dunia.

McCann Worldgroup sendiri merupakan agensi iklan global yang termasuk bagian dari Interpublic Group asal Amerika Serikat. Kerja sama yang terjalin antara L'Oréal Paris dengan McCann Worldgroup selama lebih dari 45 tahun, telah menciptakan berbagai kampanye ikonik, seperti "Because I'm worth it." (McCann Worldgroup, 2020). 

Sebut saja Indonesia, negara dengan pangsa pasar yang luas ini memberikan cukup banyak pemasukan bagi L'Oréal Paris. Salah satu iklan yang ditampilkan di Indonesia yaitu produk extraordinary oil yang ditampilkan dengan visual model Dian Sastrowardoyo. Dalam iklan ini difokuskan pada rambut model yang hitam legam dengan wind-effect sehingga rambut model dapat terlihat jelas. Selain itu, headline dari iklan tersebut dituliskan dalam bahasa Indonesia karena berkaitan dengan negara yang ditujukan untuk promosi.

Selanjutnya, Jerman sebagai salah satu negara semiperipheral juga memiliki jenis iklan lain mengenai L'Oréal Paris. Dalam mengiklankan produk creme gloss, L'Oréal menggunakan visual model Lena Meyer yang juga berfokus pada rambut sehat yang dimilikinya. Produk ini sendiri ditujukan untuk mereka yang ingin mewarnai rambut, namun tetap mempertahankan rambut yang sehat. 

Iklan ini juga menggunakan slogan L'Oréal dalam bahasa Jerman, yaitu 'Weil sie es sich wert sind' yang memiliki arti sama dengan "Because I'm worth it." (Dewi, 2014).

Kedua iklan ini pada intinya menyasar setiap negara yang dituju dengan menggunakan bahasa masing-masing negara. Namun, masih terdapat kata asing dalam bahasa Inggris yang memang dipertahankan dengan tujuan turis yang sedang berkunjung ke Indonesia ataupun Jerman, tetap mengerti mengenai inti produk yang diiklankan.

L'Oréal Paris yang berasal dari Prancis dan McCann Worldgroup dari Amerika, keduanya merupakan core nation yang berusaha untuk menjadi global. Menurut McPhail (2014), core nation membawa nilai-nilai, sikap, dan praktik bisnis negara asal mereka ke semua semipheriperal nation dan beberapa pheriperal nation.  Salah satu caranya dengan menggunakan iklan. Oleh karena itu, pemasaran dan periklanan menjadi bagian penting bagi core nation untuk semakin memperkuat sebutan 'core nation' dan secara tidak langsung berkuasa secara global.

DAFTAR PUSTAKA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN