Mohon tunggu...
Jenni dwiyana
Jenni dwiyana Mohon Tunggu... Saya jenni dwiyana penulis baru, salam kenal

Saya seorang mahasiswi yang saat ini sedang memenuhi tugas menulis di media massa

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Mengenal Lampung Lebih Dekat

18 April 2021   21:00 Diperbarui: 20 April 2021   10:32 102 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Lampung Lebih Dekat
gambar:bumdlju.co.id

Indonesia memiliki keanekargaman budaya dan daerah yang menarik, salah satunya adalah Provinsi Lampung yang terletak di pulau Sumatra Indonesia, di Lampung ada yang namanya Festival Teluk Stabas di Lampung Barat dan Festival Way Kambas di Lampung Timur, Festival ini merupakan Seni Budaya yang menarik pada Provinsi Lampung, Festival Teluk Stabas yaitu kegiatan tahunan yang dilakukan mulai dari 16 april hingga 23 april.

Kegiatan ini dilakukan di seluruh kecamatan di Pesisir Barat, pawai yang diikuti oleh ribuan peserta dan diawali dengan memukul Gong dan pelepasan burung merpati secara bersamaan oleh bupati Pesisir Barat, banyak dilakukan lomba yang menarik seperti menyulam tapis, tari adat dan tari kreasi Lampung, ngukokh kelapa,  kuliner, video wisata dan masih banyak lagi. Kemudian Festival Way Kambas adalah festival yaitu kegiatan tahunan dan dilaksanakan setiap bulan November yang digelar di Taman Nasional Way Kambas. Kegiatan ini merupakan ajang promosi untuk mengenalkan Tempat Wisata di Lampung Timur, bukan hanya sekedar mempromosikan tempat wisata namun juga untuk mengingatkan wisatawan agar peduli terhadap lingkungan dan kelestarian hutan.

Bahasa Lampung

Penduduk di Daerah Lampung sangat beraneka ragam, mereka menggunakan bahasa Indonesia, maupun jawa, bali dan lainnya, karena di Lampung banyak penduduk pendatang. Bahasa Lampung dibagia menjadi dua yaitu Dialek Api (A) Lampung Pesisir dan Dialek Nyo (O) Lampung tengah, tapi sayangnya bahasa Daerah Lampung jarang digunakan oleh masyarakat Lampung, kecuali Penduduk sesama asli Lampung.

Rumah Adat Lampung

gambar:pinhome.id
gambar:pinhome.id
Setiap daerah pasti mempunyai rumah adat sebagai ciri khas, Lampung sendiri memiliki rumah adat yang disebut Rumah Sesat yang atapnya di anyam dari ilalang, rumah berbentuk panggung dan menggunakan kayu untuk memperkokoh rumah dari terjadinya gempa bumi maupun serangan hewan, di Lampung sendiri terdapat dua suku yaitu Saibatin untuk daerah pesisir dan Pepadun untuk daerah pegunungan.

Seni Daerah Lampung

gambar:pariwisata.indonesia.com
gambar:pariwisata.indonesia.com

Lampung memiliki jenis musik dan tarian yang memiliki ciri khas, mulai dari tradisional seperti Tari Cangget, Bedana, Melinting, Nyambai, Bedayo tulang bawang, Sigeh Pengunten, Drama Tari Tupping, Hari Bambang, Tari Piring Dua Belas dan lainnya.

Jenis musik Daerah Lampung yang sampai saat ini masih bertahan ialah Klasik Lampung, dan Tarianya yaitu Tari Sembah dan Tari Melinting yang biasanya digunakan untuk menyambut tamu yang datang ke Daerah Lampung.

Tempat Wisata Lampung

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN