Mohon tunggu...
jeni
jeni Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Manajemen

Mungkin kita tidak bisa mengubah masa lalu, tapi kita bisa mengubah masa depan untuk hidup lebih baik lagi. Dan masa depan tidak akan berjalan dengan baik jika tidak diiringi dengan Doa dan Usaha. Maka berdoa lah yang baik-baik dan berusahalah sebaik mungkin. Selain itu perbanyak bersyukur karena dalam dengan perbanyak bersyukur maka hidup akan terasa tenang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Ada Dampak K-Pop dan Drakor pada Kalangan Remaja?

15 Januari 2021   14:20 Diperbarui: 15 Januari 2021   14:23 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut kalian apakah ada dampak  para penggemar K-POP atau Drakor? kira-kira ada dampak negatif atau justru dampak positif nya ya.

Yuk simak menurut pandangan saya  ^^

Menyukai K-POP tidak sepenuhnya membawa dampak negatif di kalangan remaja. Mungkin sebagian orang menganggapnya membawa dampak yang buruk. Padahal banyak sekali hal-hal positif yang bisa diambil dari menyukai K-POP atau Drama Korea. Biasanya dalam drama-drama tersebut mengajarkan untuk sopan santun ke yang lebih tua.

Tidak hanya pada Drama Korea saja, K-POP juga memberikan banyak motivasi dan banyak hal yang membuat didalam diri remaja tidak merasa insecure (percaya diri), sedih, dan tidak merasa kesepian. Selain itu, menyukai K-POP juga membuat kita rajin menabung, dan juga menumbuhkan rasa peduli terhadap sosial, menghargai perjuangan idol, motivasi buat diri sendiri agar lebih baik kedepannya,dan juga menambah wawasan menjadi lebih mengenal bahasa asing.

Dan banyak sekali idol yang melakukan comeback berulang kali. Dari judul lagu yang dibuat sangat menginspirasi bagi para pendengarnya. Dalam industri saat ini idol cenderung lebih banyak merilis mini album dan album single dengan hanya memuat sedikit lagu dibandingkan dengan full album. Jika dibandingkan dengan masa lampau, perusahaan ingin mencoba untuk mempertahankan eksistansi artis mereka dengan periode yang spesifik dan terkendali. Namun perusahaan ingin bisa menjangkau para penggemar setiap saat.

Kompetisi

Sebagai contoh, girl grup TWICE merilis 4 album selama tahun 2017, termasuk repackage album dengan masing-masing diberikan waktu seminggu untuk promosi ("Twicecoaster Lane 2" , "Signal" , "Twicetagram" , dan "Merry and Happy") ini belum termasuk perilisan mereka di Jepang dimana secara intensif juga dipromosikan.

Modal

Untuk membuat beberapa kali comeback dalam setahun perlu ada skala popularitas dan modal yang besar yang mendukung. Park Jin Young dari JYP pernah mengatakan didalam salah satu acaranya "Park Jin Young's Party People" bahwa biaya pembuatan album untuk seorang penyanyi populer bisa mencapai 150 juta won (1,8 milyar rupiah) hingga 400 juta won (5 milyar rupiah).

Dampak negatif nya, yaitu tidak ingat pada waktu, menyebabkan delusi (halusinasi yang berlebihan terhadap idola nya), bullying, bersikap sangat over terhadap sesuatu yang berkaitan dengan K-POP atau DRAKOR,  menjadi lebih boros internet karena sering streaming, vote dsb, dan menambah musuh secara tidak sadar.

Ditulis oleh:

Annisa Firda Risanti

Mahasiswa Universitas Pamulang - Prodi Manajemen

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun