Mohon tunggu...
Jeniffer Gracellia
Jeniffer Gracellia Mohon Tunggu... A lifelong learner

Kadang menulis mengenai politik luar negeri, kadang juga menulis mengenai budaya

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Major, Si Biang Masalah Baru di Gedung Putih dan Perannya dalam Kemenangan Joe Biden

1 April 2021   18:00 Diperbarui: 5 April 2021   13:16 1666 39 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Major, Si Biang Masalah Baru di Gedung Putih dan Perannya dalam Kemenangan Joe Biden
Major (kanan) dan Champ (kiri) berpose dengan Joe Biden di Kantor Oval. Official White House Photo by Adam Schultz

Sejak terpilihnya Joe Biden menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46, seluruh kehidupannya menjadi sorotan media. Salah satunya adalah Major, yang akhir-akhir ini sedang ramai dibahas di media Amerika Serikat. Kemarin (31/03/21) menjadi kedua kalinya Major berulah di Gedung Putih setelah membuat masalah dan diskors pada 8 Maret 2021.

Bersamaan dengan dilantiknya Joe Biden menjadi Presiden Amerika Serikat, Major bersama kakaknya Champ resmi menjadi hewan peliharaan First Family Amerika Serikat. Major adalah seekor anjing ras German Shepherd berumur 3 tahun berwarna hitam dengan corak putih pucat. Sedangkan kakaknya Champ adalah seekor anjing dengan ras yang sama namun sudah berumur 12 tahun.

Masalah pertama Major

Major mulai berulah pada 8 Maret 2021 dimana dikutip dari Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki (10/03/21) bahwa Major dikejutkan oleh orang yang tidak ia kenal dan bereaksi dengan cara yang akhirnya mengakibatkan cedera ringan kepada orang tersebut. Orang yang digigit oleh Major adalah seorang agen Secret Service yang saat itu bertugas di Gedung Putih.

Psaki juga menambahkan setelah kejadian tersebut, Major dan Champ dipulangkan ke rumah keluarga Joe Biden di Delaware, Amerika Serikat untuk liburan sementara dan menjalani pelatihan. Kedua anjing tersebut juga diperkirakan akan kembali secepatnya setelah liburannya.

Major ketika diadopsi oleh Joe Biden dari Delaware Humane Association | Foto diambil dari DelawareToday
Major ketika diadopsi oleh Joe Biden dari Delaware Humane Association | Foto diambil dari DelawareToday

Masa lalu yang kelam

Dibandingkan dengan kakaknya, Major memiliki masa lalu yang kelam. Major diselamatkan dari sebuah tong sampah dan terpapar akan sesuatu yang beracun di rumah pemilik sebelumnya. Major kemudian diadopsi oleh Joe Biden sejak akhir 2018 di penampungan Delaware Humane Association.

Sekarang Major mendapatkan posisi sebagai anjing pertama yang diselamatkan dari penampungan yang tinggal di Gedung Putih. Bukan hanya Joe Biden yang dilantik menjadi Presiden, Major juga dilantik dalam sebuah acara "indoguration" (diambil dari kata inauguration atau inagurasi) lewat Zoom dan berhasil mengumpulkan sumbangan sebanyak $200.000.

Major dan Champ kerap terlihat berkeliaran di halaman Gedung Putih bahkan menjadi model di Kantor Oval Presiden Amerika Serikat.

'Indoguration' Major untuk jabatan barunya | Foto diambil dari CampaignLive
'Indoguration' Major untuk jabatan barunya | Foto diambil dari CampaignLive

'Kaget' di rumah baru 

Major dikenal lebih aktif dibanding Champ dan kerap menunjukkan perilaku gelisah seperti melompat, mengonggong hingga menyerang staf di Gedung Putih. Berbeda dengan Champ yang walaupun menunjukkan tanda-tanda gelisah namun tidak seagresif Mayor karena umur dan fisiknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN