Mohon tunggu...
Yuni  Andriyani
Yuni Andriyani Mohon Tunggu...

Ibu Rumah Tangga, Wiraswasta, Always Smile and Hard Worker, Nrimo ing Pandum, dll visit my web - jengyuni.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Wisata Warisan Geologi yang Tersembunyi di Sudut Yogyakarta

4 Januari 2018   19:25 Diperbarui: 5 Januari 2018   11:14 2742 3 0 Mohon Tunggu...
Wisata Warisan Geologi yang Tersembunyi di Sudut Yogyakarta
Tebing Breksi. (Dokumentasi Pribadi)

Yogyakarta, selain dikenal sebagai kota pelajar dan budaya dikenal juga sebagai destinasi wisata terbaik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Di provinsi yang terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota admistratif ini, banyak dijumpai obyek-obyek wisata populer dan ikonik mulai dari wisata laut, gunung, kekayaan sejarah hingga wisata belanja. 

Hampir tiap tahun di Yogyakarta bermunculan obyek-obyek wisata baru yang unik dan menarik. Salah satu yang tergolong baru dan semakin moncer dua tahun belakangan ini adalah Tebing Breksi. Nah, kalau kamu berencana jelong-jelong ke Yogyakarta dalam waktu dekat, sempurnakan kunjungan kamu dengan menjejakkan kaki di tebing yang memesona ini.

****

Bekas Penambangan Kapur

Tebing Breksi ini terletak di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo, yang secara administratif masuk wilayah kecamatan Prambanan. Lokasinya tersembunyi, jauh dari hingar bingar keramaian kota.

Tebing Breksi bukanlah tebing yang terbentuk karena proses alam. Tebing ini adalah warisan kegiatan geologi penambangan kapur yang dulunya menjadi mata pecaharian penduduk sekitar, sebelum dihentikan oleh pemerintah pada tahun 2015.

Dihentikannya penambangan oleh pemerintah ini didasarkan pada kajian bahwa kawasan Gunung Kapur Breksi ini ternyata berasal dari abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran. Selain itu, keberadaanya masuk dalam kawasan cagar budaya (heritage) yang harus dilestarikan seperti halnya Candi Ijo yang berada 0,5 km di atasnya dan candi Ratu Boko yang berjarak 4,2 km di sebelah utaranya.

Larangan pemerintah tersebut disikapi positif oleh warga setempat. Bekas penambangan ini kemudian dialihfungsikan menjadi obyek wisata karena mempunyai panorama artistik dan unik berupa guratan-guratan indah di sekeliling tebing yang didonimasi oleh warna kuning, coklat dan putih.

Lebih dari itu, lokasinya yang berada di ketinggian menjadikan pengunjung bisa melihat gunung merapi yang fenomenal dengan segudang cerita mistis di dalamnya dari kejauhan dan sekitaran kota jogja dari ketinggian.

Bagi para pemburu sunset, percaya atau tidak, Tebing yang pernah masuk dalam list kunjungan Barack Obama ini adalah tempat sempurna untuk melihat rona Sang Surya yang putih kekuningan masuk ke dalam peraduan sebelum langit menjadi gelap.

Tebing Breksi. Dokumentasi pribadi
Tebing Breksi. Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Jalan Menuju Tebing Breksi

Menuju Tebing Breksi tidaklah sulit. Untuk mencapai lokasinya, baik dari arah Jogja Kota maupun Solo akan melewati jalan yang sama yakni pertigaan jalan Prambanan-Piyungan. Jalan ini adalah jalan sekunder yang menghubungkan wilayah Prambanan ke Wonosari Gunung Kidul melalui kecamatan Piyungan.

Kalau kamu berangkat dari Solo/Klaten, lokasi pertigaan jalan Prambanan-Piyungan ini hanya beberapa puluh meter setelah pintu masuk Candi Prambanan kemudian belok ke kiri. Sedangkan kalau dari arah Jogja sebelum pintu masuk ke candi belok ke kanan.

Setelah itu, lurus saja ikuti jalan Prambanan-Piyungan tersebut. Setelah kurang lebih 4,6 km, kamu akan menemukan pertigaan dengan petunjuk jalan yang akan mengarahkan kamu ke lokasi Tebing Breksi. Dari pertigaan itu kamu mesti belok ke kiri menyusuri jalan desa, kurang lebih sekitar 2,5 km untuk mencapai lokasi.

Jalan desa menuju ke lokasi relatif sempit dan hanya cukup untuk simpangan dua mobil. Bila hari minggu atau hari libur akan terjadi sedikit kemacetan di beberapa titip lokasi. Tetapi kamu tenang saja karena ada petugas yang sigap membantu mengatur dan mengarahkan jalan.

Bila kamu naik kendaraan roda dua, ada baiknya kalau memakai masker untuk mengantisipasi debu yang berterbangan. Kamu juga mesti waspada karena ada beberapa ruas jalan yang rusak dan berlubang terutama ketika mendekati pintu masuk lokasi tebing.

Lain daripada itu, karena lokasi Tebing Breksi ini berada di ketinggian, kamu juga akan melewati jalan menanjak. Terdapat beberapa tanjakan walaupun tidak terlalu curam. Saran saya, ada baiknya kalau kamu mempertimbangkan menggunakan mobil yang sehat atau sepeda motor matik bila ingin mengunjungi Tebing Breksi ini.

screenshot pribadi
screenshot pribadi
Tiket Masuk & Parkir

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN