Mohon tunggu...
Jelang Aji Suranto
Jelang Aji Suranto Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2020/2021

KKN TIM II UNDIP 2020/2021 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/ Teknologi Hasil Perikanan Lokasi KKN : Kelurahan Wates, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang DPL : Dr. Fuad Muhammad, SSi, MSi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa Undip Mengadakan Pelatihan Pembuatan Produk Hasil Perikanan "Kaki Naga" Melalui Video Tutorial

4 Agustus 2021   00:10 Diperbarui: 4 Agustus 2021   14:51 83 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Mengadakan Pelatihan Pembuatan Produk Hasil Perikanan "Kaki Naga" Melalui Video Tutorial
Produk  Olahan Hasil Perikanan sebagai Solusi Penambah Imunitas Selama Pandemi/dokpri

Semarang (4/8/2021). Wabah virus corona atau yang biasa dikenal dengan covid-19 rupanya belum selesai justru angka positif semakin tinggi sehingga dilaksanakan PPKM Darurat oleh pemerintah guna menekan angka penderita covid-19 supaya terjadi penurunan. 

Kondisi ini membuat Jelang Aji Suranto selaku Tim II KKN Universitas Diponegoro mengajak masyarakat di daerah Kelurahan Wates untuk tetap dapat mengolah produk hasil perikanan di tempat tinggal masing-masing guna mencegah penyebaran covid-19 dengan cara membuat video tutorial mengenai Pelatihan Pembuatan Produk Hasil Perikanan.

Jelang mengajak warga RT 03 RW 01 Kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang melalui video tutorial Pelatihan Pembuatan Produk Hasil Perikanan yang diberikan secara online dengan perantara media sosial Whatsapp kepada Ketua RT 03 dan Ketua RW 01. 

Kegiatan Pelatihan tersebut dikemas kedalam program kerja KKN yang berjudul “Pelatihan Diversifikasi Produk Perikanan untuk Meningkatkan Minat Konsumsi Ikan sebagai Upaya Menambah Imunitas ditengah Pandemi COVID-19”.

Kegiatan pelatihan ini diberikan melalui video tutorial yang menjelaskan bagaimana proses dan langkah-langkah dalam pembuatan produk hasil perikanan yang baik dan benar. 

Video tutorial ini bisa sangat membantu warga yang ingin mengolah produk hasil perikanan, karena didalam video terdapat penjelasan mengenai peralatan apa saja yang digunakan, waktu pemasakan dan bumbu-bumbu beserta lengkap dengan takarannya.

Kenapa mengkonsumsi produk hasil perikanan dapat meningkatkan imun tubuh? Karena didalam tubuh ikan terdapat gizi yang sangat baik diantaranya protein, vitamin A, B6, B12 dan D, Flour, Selenium, Yodium, Seng, Asam Lemak Tak Jenuh, Zat Besi, Omega 3, 6 dan 9. Asam lemak omega-3 adalah jenis asam lemak essensial yang membantu menekan peradangan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap terkendali.

Respon warga RT 03 RW 01 Kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang dalam menerima materi Pelatihan Pembuatan Produk Hasil Perikanan “Kaki Naga” juga merasa teredukasi dengan adanya video tutorial dan modul yang diberikan.

“Terimakasih infonya mas Jelang, pelatihan ini dapat di jadikan inovasi untuk melakukan usaha dalam masa pandemi seperti ini sekaligus menjaga imun tubuh dengan cara mengolah ikan secara menarik yaitu Kaki Naga”. Ujar Pak Joko selaku ketua RW 01, namun sayang sekali kegiatan kali ini harus dilaksanakan secara online karena pandemi covid-19 yang semakin tinggi sehingga tidak diperbolehkan menimbulkan kerumunan.

Harapan masyarakat RT 03 RW 01 Kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, setelah diadakan pelatihan dapat membuat warga memiliki inovasi untuk membuat usaha olahan hasil perikanan agar menunjang ekonomi masyarakat selama pandemi sekaligus menjaga kesehatan tubuh dari paparan covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x