Mohon tunggu...
Heri Agung Fitrianto
Heri Agung Fitrianto Mohon Tunggu... lainnya -

Penikmat wisata dan perjalanan yang tinggal di Kota Tuban - Jawa Timur.\r\n\r\nArtikel2 perjalanan saya yang menarik lainnya bisa Anda baca di blog saya : http://jelajah-nesia2.blogspot.com dan http://jelajah-nesia.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Arca-arca Keramat di Pura Mandara Giri Semeru

3 Januari 2014   17:47 Diperbarui: 24 Juni 2015   03:11 2453 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pura Mandara Giri Semeru adalah bangunan tempat beribadah bagi umat Hindu, yang berada di Desa Senduro kecamatan Senduro Kabupatan Lumajang - Jawa Timur.Pura ini patut Anda kunjungi bila berada di Lumajang karena memiliki gaya dan arsitektur bangunan yang sangat indah dan artistik. Tempat ini terbuka bagi umum dengan tetap harus mentaati aturan yang ada di lokasi dan menghormati umat Hindu yang  sedang beribadah di pura. Di sana kita bisa menjumpai banyak arca dalam berbagai bentuk dan ukuran yang tersebar di berbagai penjuru bangunan ini.

Di bagian paling depan di bawah gerbang masuk yang cukup besar terdapat dua patung atau arca yang  berbentuk Dwarapala dengan posisi berjongkok dan membawa gada. Arca yang berwarna merah bata itu dan seakan menjadi penjaga di gerbang masuk pura.
Tak jauh dari gerbang masuk ini terdapat Bale Gajah. Di bangunan ini kita bisa menjumpai beberapa arca gajah dalam berbagai pose dan ekspresi. Untuk dua arca gajah yang ada di bagian depan tampak berwarna hitam dan  berhias ornamen warna prada pada bagian tubuhnya. Sedangkan arca-arca gajah lainnya yang berada di sisi bangunan hanya berwana hitam saja.

Melangkah kaki berikutnya saya menjumpai arca-arca lainnya pada halaman pura dan dinding pura. Arca-arca itu tampaknya dikeramatkan dan bernuansa sakrat dengan melihat dari adanya sesajen ( sesajian atau sesembahan ) yang ada di sekitarnya. Sesajen itu berupa beraneka bunga, tepung wangi, air, dupa dan sebagainya. Kesan sakral itu juga tampak dari adanya lembaran kain-kain yang berwarna putih, kuning, merah dan kotak-kotak yang menyelubungi bagian bawah arca. Umumnya arca-arca itu berwajah ala raksasa dengan gigi  taringnya yang cukup menyeramkan.

Ada juga arca yang berbentuk hewan naga di bagian tengah dinding pura. Arca naga itu seakan menjaga pintu masuk pura menuju ke lokasi pura utama sebagai tempat bersembahyang.
Bila Anda berkunjung kesana dan sedang ada umat Hindu yang akan bersembahyang, mereka tentu akan meletakkan sesajian itu di bawah dan sekitar  arca  dengan melakukan ritual dan membaca doa-doa. Karena arca-arca itu merupakan bagian penting dari pura ini.
Karena itu, pada setiap harinya  di sekitar arca-arca itu pasti terdapat sesajian yang senantiasa segar karena banyaknya umat Hindu yang beribadah disana .
Walau tampak cukup menyeramkan, ternyata banyak pengunjung  yang tertarik untuk berfoto ria dengan menggunakan arca-arca itu sebagai latar belakangnya. Bagi mereka,  arca-arca itu memiliki daya tarik dan keindahan tersendiri.Seperti keindahan Pura Mandara Giri Semeru itu sendiri.
Sayang, walau tampak bersih dan terawat dengan baik, beberapa bagian pada arca-arca itu tampak ditumbuhi oleh kerak dan  jamur.Namun adanya kerak dan jamur pada arca-arca itu tak mengurangi keindahan Pura Mandara Giri Semeru yang eksotis ini.

New Friends 4 U

Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime

Jenazah Utuh Terkubur 35 Tahun

The Sound Of Indonesia - Addie MS Main Game = Dapat Dollars Instant Access To Get Freelancer Jobs Menambang Uang Melalui Facebook dan Twitter Peluang Mendapatkan Dollar Via Internet Museum Santet Di Surabaya Tips Memasang Iklan Di Blog Share Status di Fb/Twitter Dapat Komisi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan