Gayahidup

Gaya Hidup Masa Kini

7 Desember 2018   18:48 Diperbarui: 7 Desember 2018   19:01 44 0 0

Gaya hidup (Lifestyle) merupakan cara khas kehidupan seseorang, kelompok, atau budaya. Istilah ini diperkenalkan pada 1950-an sebagai turunan dari gaya seni medernis. Gaya hidup merupakan gambaran bagi setiap orang yang mengenakannya dan menggambarkan seberapa besar nilai moral orang tersebut dalam masyarakat disekitarnya dan bagaimana cara orang tersebut hidup. Faktor utama pembentukan gaya hidup dapat dibagi menjadi dua yaitu secara demografis dan psikografis. Faktor demografis mislanya berdasarkan tingkat pendidikan, usia, tingkat penghasilan dan jenis kelamin. Sedangkan faktor psikografis lebih komplek karena indikator penyusunannya dari karakteristik seseorang.

Gaya hidup juga sudah menjadi panutan bagi orang-orang yang mengenalnya, karena dengan seperti itu akan nampak cara hidup yang mereka inginkan, sesuai kebutuhan mereka tanpa harus memikirkan orang lain, asiknya gaya hidup juga bisa dirasakan oleh beberapa kaum remaja yang masih melihat trend-trend sekarang ataupun masa depan, yang lebih dikenal dengan istilah gaya hidup modern.

Gaya hidup juga sangat berkaitan dengan perkmbangan zaman dan teknologi dimana semakain bertambah zaman dan semakin canggih teknologi, maka semakain berkembang luas peranan gaya hidup manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dalam arti yang lain, gaya hidup dapat memberikan pengaruh yang positif atau bahkan memberikan pengaruh negatif bagi yang menjalankan, tergantung bagaimana orang tersebut menjalaninya.

Pada remaja ataupun dewasa, gaya hidup kadang disalahgunakan, mereka cenderung mengikuti gaya hidup yang salah, yakni mengikuti mode yang mereka tiru adalam mode dari gaya hidup orang luar atau asing contohnya minum-minuman atau menggunakan narkoba. Tetapi tidak semua remaja atau dewasa mengikuti gaya hidup yang salah ada juga yang mengikuti gaya hidup yang positif misalkan berkarya atau berprestasi yang membanggakan. 

Boleh kita mengikuti gaya hidup yang seperti apapun itu asalkan kita cermat dalam mengikutinya dan yang paling penting yaitu mengandung nilai yang positif dan bermanfaat untuk kita atau bakhan untuk orang-orang disekitar kita. Maralah kita berkomitmen untuk memilih gay hidup yang lebih baik lagi.