Mohon tunggu...
Jefri Asmoro Diyatno
Jefri Asmoro Diyatno Mohon Tunggu... Mahasiswa - Jadi Diri Sendiri Lebih Baik
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Sejatinya ada ilmu maklum diatas ilmu ikhlas

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Minggu Ceria Warnai Semangat Kerja Bakti Masyarakat Jalakan

4 Desember 2022   14:34 Diperbarui: 4 Desember 2022   15:32 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Kegiatan Kerja Bakti Masyarakat Dusun Jalakan

KOMPASIANA.COM - Keceriaan warga masyarakat sekitar di warnai dengan semangat saat melakukan kegiatan kerja bakti pembersihan parit yang tertimbun tanah longsor dari tebing yang berada disekitar lokasi lingkungan Kalimati, Dsn Jalakan Ds. Tamanasri pada Minggu, 04 Desember 2022.

Tanah longsor ini diakibatkan adanya intensitas hujan yang cukup deras sehingga mengakibatkan adanya longsoran yang masuk kedalam parit jalan lingkungan setempat.

Curah hujan yang sangat deras berhari-hari ini menjadi penyebab utama terjadinya longsoran, akan tetapi tidak sampai ke ruas jalan lingkungan, namun malah menutupi aliran air parit jalan yang menyebabkan terjadinya penyumbatan sehingga menghambat jalannya air tersebut.

Dok. kegiatan kerja bakti masyarakat
Dok. kegiatan kerja bakti masyarakat

Ketua RT setempat menggerakkan warga masyarakatnya untuk turut andil menyikapi terjadinya longsoran, dengan cara kerja bakti pembersihan parit yang tertimbun tanah longsor.

"Sebelum hari pelaksanaan kerja bakti saya informasikan terdahulu, baik secara pintu kepintu maupun getok tular, untuk mengikuti kegiatan kerja bakti ini. Karena menimbang ini demi kepentingan orang banyak terutama masyarakat dari lingkungan sekitar, dan saya juga turut mengajak mahasiswa yang KKN dari Stainu Pacitan untuk  ikut serta dalam kerja bakti yang dilaksanakan hari minggu ini," Kata Mukri Rohmad selaku Ketua RT 01/ RW 02 Dsn. Jalakan Ds. Tamanasri. Kec. Pringkuku. Kab. Pacitan.

Mukri berharap kerja bakti ini selain untuk membersihkan aliran parit yang tersumbat tanah longsor juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan sosial kemasyarakatan yang masih melekat pada diri manusia.

"Harapan saya sangat besar terkait kerja bakti ini, saya ingin masyarakat tau aliran yang tersumbat ini bisa menyebabkan banjir dan juga menganggu jalannya aktifitas kita saat melewati jalan tersebut. Selain itu kita bisa menjaga hubungan sosial kemasyarakatan kita yang menjadi ciri khas hidup dipedesaan," Tambahnya.

Selain dari pada itu ia pun mengatakan, terkait tanggung jawab masyarakat dalam menyikapi segala permasalahan yang terjadi.

"Sekiranya kita bisa! kenapa tidak kita sikapi, dan yang menjadi kepentingan orang banyak adalah tanggung jawab kita sebagai masyarakat," Ujarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun