Mohon tunggu...
jefri bahrudinazis
jefri bahrudinazis Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Allah Bless Me

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Wisata Edukasi Brenjonk Sebagai Pelopor Kampung Organik di Jawa Timur

6 Maret 2021   07:00 Diperbarui: 6 Maret 2021   07:04 123 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wisata Edukasi Brenjonk Sebagai Pelopor Kampung Organik di Jawa Timur
Dok. pribadi

Menikmati sejuk serta keasrian suasana pedesaan terkadang menjadi alternatif lain untuk berekreasi Dan beredukasi. Udara pedesaan yang masih bersih dan sejuk, membuat sebagian orang memilih untuk berlibur di desa. Salah satu tempat untuk menikmati nuansa pedesaan yang masih asri dan sejuk ialah Wisata Kampung Organik.

Terletak di Dusun Penanggungan, Mojokerto, Jawa Timur, Wisata Kampung Organik Brenjonk merupakan sebuah tempat untuk beristirahat, berekreasi dan beredukasi sambil menikmati keindahaan alam sekitar desa.

Wisata Kampung Organik Brenjonk ini Dikelola oleh Bapak Slamet dan juga warga sekitar Desa Penanggunhan.

Di lokasi tersebut Anda tidak hanya dapat berwisata maupun berdedukasi saja tetapi kita juga ada dapat menikmati kemegahan pegunungan Penanggungan yang terletak di sebelah Timur Kampung Organik Brenjonk tersebut. Para petani yang sedang memanen hasil bumi menjadi pemandangan menarik, serta menjadi potret human interest yang menarik.

Menurut Bapak Slamet selaku kepala pengembangan kampung organik brenjonk terdapat beberapa prinsip yang digunakan untuk membangun Wisata edukasi kampung organik brenjonk ini. Adapun prinsip tersebut yaitu:

  • Pentingnya organik (Karena untuk menjaga kesehatan bumi,manusia, serta berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh)
  • Pemberdayaan (Untuk memberdayakan warga sekitar kampung organik agar warga sekitar memiliki mata pencaharian)
  • Perlindungan (Dalam prinsip Perlindungan ini kita dapat melindungi hak hak dasar perlindungan manusia, salah satunya adalah hak atas kesehatan lingkungan. agar tanaman di daerah sekitar kampung terhindar dari predator)
  • Keadilan (Kegiatan menanam tanaman organik menjadikan suatu matapencaharian bagi seluruh warga sekitar kampung brenjonk)

Kampung organik adalah kampung yang masyarakatnya dalam kehidupan sehari-hari membudidayakan sistem pertanian organik dalam skala rumah tangga dan skala kawasan.

Menurut Pak Hari selaku pengelola kampung organik, bahwa untuk sistem pengadaan sayur  organik ini diperoleh dari warga sekitar. Warga sekitar menyerahkan hasil panen dari kebun milik pribadi ke pihak pengelolah kemudian pihak pengelolah akan memproses hasil tanaman tersebut. Proses tersebut berupa  menyeleksi, pengemasan, pengepress-an, sampai dengan proses pendistribusian. Untuk pendistribusian sendiri pihak kampung organik brenjonk bekerja sama dengan rumah makan dan supermarket yang bertempat di Surabaya.

Seiring berjalannya waktu, kini Kampung Brenjonk identik dengan Kampung Organik dan menjadi tujuan studi banding bagi pelajar, mahasiswa, dan pegawai instansi pemerintah dari daerah lain. Anggota paguyuban sering diminta oleh LSM dan Pemerintah Desa di  (Kabupaten Mojokerto), dan beberapa wilayah di Jawa Timur guna memberi pelatihan teknik budi daya tanaman organik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x