Mohon tunggu...
Jeck Winim
Jeck Winim Mohon Tunggu... Seorang penulis kampung

Cinta dan mencintai ciptaan Tuhan juga yang baik menurut Tuhan..... tidak suka banyaknya iklan dalam hidup bukan sekedar gimik

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengenal Alkitab

19 September 2020   14:00 Diperbarui: 19 September 2020   14:04 13 1 0 Mohon Tunggu...

MENGENAL ALKITAB 

Alkitab (bahasa Inggris: Bible) adalah sebutan untuk sekumpulan naskah yang dipandang suci dalam Yudaisme dan Kekristenan. ... Umat Yahudi dan Kristiani (Kristen) memandang kitab-kitab dalam Alkitab sebagai hasil dari pengilhaman ilahi, dan sebagai catatan otoritatif mengenai hubungan antara Allah dengan manusia.

1/. Alkitab bukan didiktekan atau diturunkan langsung, jadi,  melainkan Tuhan memakai orang-orang yang hidup, bukan benda mati untuk menulis kitab dan surat - surat pada Alkitab. Mereka diarahkan oleh Roh kudus sehingga buah tulisan mereka seperti yang dikehendaki  ( bandingkan 2Petrus 1:21) oleh karena itu Alkitab dapat disebut Firman Allah (bandk Tesalonika 2:1) demikian juga Alkitab jangan secara huruf tetapi mencari maksudnya dan maksud ini adalah " supaya kamu percaya bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah... " (Yoh  20:31

 2/. Alkitab bukan buku ilmiah melainkan pernyataan kepada semua orang dari segala abad. Oleh karena itu bentuknya juga dapat dimengerti oleh semua dari segala abad, baik orang yang terdidik dan tidak terdidik. 

3/. Alkitab bukan buku sejarah, oleh karena itu Alkitab tidak menceritakan segalah hal yang terjadi secara tepat urut - urutannya, melainkan Alkitab adalah buku dengan Tujuan dan juga yang diceritakan hanya yang penting bagi tujuan itu ( bandingkan Yohanes 20:30-31) 

4/. Alkitab adalah penafsir bagi Alkitab itu sendiri. Maksudnya bagian-bagian (ayat) yang kurang jelas dimengerti pada bagian tertentu, dijelaskan oleh bagian-bagian lain oleh karena itu, kalau membaca :

 a)  jangan berpegang pada satu ayat 

 b)  Ayat-ayat harus dibaca dalam hubungan (konteks)  menurut situasi dan kondisi saat itu.

c.  Jangan menafsirkan dengan gagasan kita sendiri. 

II.  Mengenai isi Alkitab 

1. Perjanjian Lama (PL)  dan Perjanjian Baru (PB)  merupakan satu kesatuan, PB, tersembunyi" dalam PL dan PL, "terbuka" dalam PB jadi tidak dapat.                       dikatakan :PL memuat hukum, PB memuat.   pemberian Kasih. dan perintah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x