Mohon tunggu...
Jeanino Martin
Jeanino Martin Mohon Tunggu... Berbagi ide dan pemikiran

Seorang yang dapat mengekspresikan pemikirannya lebih baik dengan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Refleksi Hari Pendidikan Nasional

10 Mei 2021   09:27 Diperbarui: 10 Mei 2021   09:53 46 2 0 Mohon Tunggu...

Di peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei yang lalu, saya merenungkan perjalanan profesi saya sebagai tenaga pendidik dalam setahun terakhir, sejak Pandemi COVID-19 mulai merebak luas di Indonesia. Sejak Pandemi merebak, sudah lebih dari setahun kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. 

Dengan ditemukannya vaksin COVID-19, semakin besar harapan untuk berakhirnya Pandemi ini. Suatu saat jika Pandemi telah berakhir, apakah kegiatan pembelajaran secara daring akan benar-benar berakhir?

Menurut saya pribadi, tidak. Kegiatan pembelajaran tidak akan pernah kembali seperti pada masa sebelum Pandemi. Walaupun nantinya kegiatan pembelajaran sudah dapat dilakukan secara tatap-muka, berbagai perubahan kegiatan pembelajaran yang disebabkan oleh Pandemi tidak akan ditinggalkan begitu saja.

Pandemi bukan hanya sekedar mengubah pertemuan tanpa-muka menjadi pertemuan daring, tetapi telah melahirkan berbagai temuan baru yang dapat dieksplorasi lebih jauh dan juga dapat diaplikasikkan dalam kegiatan pembelajaran tatap-muka. Berbagai temuan tersebut telah dan akan terus membawa perubahan dan peningkatan di dunia pendidikan di Indonesia, dan hal yang sama juga akan terjadi di berbagai belahan dunia.

Terus berkarya, Indonesia! Menuju pendidikan yang lebih baik!

"If we teach today as we taught yesterday, we rob our children of tomorrow." -- John Dewey.

#SerentakBergerakWujudkanMerdekaBelajar

VIDEO PILIHAN