Mohon tunggu...
JBS_surbakti
JBS_surbakti Mohon Tunggu... Akuntan - Penulis Ecek-Ecek dan Penikmat Hidup

Menulis Adalah Sebuah Esensi Dan Level Tertinggi Dari Sebuah Kompetensi - Untuk Segala Sesuatu Ada Masanya, Untuk Apapun Di Bawah Langit Ada Waktunya.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Bank Digital dan Tantangan Generasi Milenial

27 Oktober 2021   09:48 Diperbarui: 31 Oktober 2021   17:47 356 21 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bank digital | Sumber: Shutterstock

Hai Sobat Milenial

Angkatan milenial secara demografi di Indonesia saat ini bahkan beberapa tahun ke depan akan merajai komposisi penduduk dan juga sebagai pelaku utama perekonomian.

Berdasarkan data dari BPS menyebutkan bahwa para milenial yang merupakan kelompok penduduk yang lahir di periode tahun 1981-1996 (rentang umur 25-40 tahun) adalah penyumbang sebesar 69,90 juta jiwa atau 25,87 persen dari total 270 juta jiwa lebih penduduk di Indonesia. 

Angkatan milenial merupakan kelompok usia produktif bagi para pencari kerja bahkan mereka yang telah menjadi pemimpin di beberapa organisasi/perusahaan terkini.

Dari data di atas, mari coba bandingkan dan lihat teman-teman yang duduk di seputaran meja kerja kantor Anda saat ini. 

Anda dan saya mungkin terkejut bahwa fakta ini mendekati kebenaran. Wajah para anak muda begitu menghiasi di setiap kantor pemerintahan maupun sektor swasta. Satu dari 4 pekerja maupun para pengambil keputusan adalah mereka para milenial!

Bukan sebuah cerita yang tidak beralasan bilamana data ini adalah sebuah gambaran bagi setiap perusahaan dari berbagai sektor untuk menggarap pasar milenial dan kebutuhannya. 

Menggarap pasar milenial adalah cuan dalam sektor apapun termasuk pula sektor jasa keuangan dan perbankan. 

Hal ini semakin menarik karena salah satu karakteristik dari beberapa survei yang paling dominan menyebutkan para milenial adalah generasi yang adaptif khususnya dengan teknologi digital, ditandai sebagai penguasa jagad maya medsos. 

Karakteristik yang yang semakin menegaskan ciri kelompok generasi ini yang gak mau ribet, mudah bosan, instan, dan yang paling mendominasi adalah narsisme dan eksistensi menciptakan personal branding sebagai fokus utama.

Ilustrasi Belanja Online | Sumber : Techno FAQ
Ilustrasi Belanja Online | Sumber : Techno FAQ

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan