Mohon tunggu...
JBSurbakti
JBSurbakti Mohon Tunggu... Penulis | Bankir | Akuntan | Penikmat Hidup

Menulis Adalah Sebuah Esensi Dan Level Tertinggi Dari Sebuah Kompetensi - Untuk Segala Sesuatu Ada Masanya, Untuk Apapun Di Bawah Langit Ada Waktunya

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Hormati Prosesnya Dan Peliharalah Kerja Sama Tim!

9 April 2021   16:31 Diperbarui: 9 April 2021   22:33 148 17 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hormati Prosesnya Dan Peliharalah Kerja Sama Tim!
Dok. JBS

“Saya Sebenarnya Lebih Suka Tim Bermain Dengan Baik, Ketimbang Menang Dengan Skor Besar”

Shin Tae Yong – Pelatih Timnas Indonesia

Ucapan dari Shin Tae Yong pelatih Timnas Indonesia diatas dilontarkan saat memberikan evaluasi setelah laga timnas U19 Indonesia melawan Makedonia Utara pada tanggal 11 Oktober 2020. 

Dengan skor akhir 4-1 untuk kemenangan garuda muda Indonesia. Hasil uji coba yang membuat banyak pujian bahkan sanjungan selangit kepada Timnas dan pastinya pula kepada Sang Pelatih, Shin Tae Yong.

Ungkapan sederhana diatas begitu mengusik saya, mengapa filosofi dari seorang pelatih bola secara nyata dan lugas sangat relevan pula bagi sebuah organisasi. Bahwa pesan ini bukan saja mengingatkan para punggawa garuda muda Indonesia akan tetapi saya dan anda juga, yang bekerja pada sebuah organisasi ataupun perusahaan yang sehari-hari dituntut akan "hasil dan hasil" terhadap target ataupun tujuan perusahaan.

Pada banyak pengertian akan sebuah tujuan organisasi, secara sederhana adalah suatu kelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk suatu tujuan. Tujuan yang hendak dicapai perwujudannya akan berbeda antara organisasi. 

Bukan saja hanya diukur secara finansial atau laba namun lebih dari pada itu bagaimana juga menambah nilai seseorang baik pengetahuan dan wawasan serta dapat membangun kepribadian serta emotional intelegent lebih baik.

Sebagaimana hakekat organisasi yang adalah sebuah kesatuan dimana sebagai syarat mutlak adalah terdiri dari beberapa orang dengan fungsi dan peran masing-masing untuk mencapai tujuan bersama, maka dibutuhkan proses dan kerjasama antara individu. 

Proses terkait efektivitas dengan aturan yang disepakati bersama. Bukan saja kemudian hanya melihat apakah tujuan yang besar dapat tercapai atau tidak.

Seperti Shin Tae Yong juga mengatakan dia lebih menginginkan anak asuhnya bermain dengan baik sesuai dengan peran dan fungsi pemain. Keberhasilan dengan skor telak bukanlah semata-mata menjadi tujuan akhir karena menang 1-0 atau 2-1 sekalipun adalah sebuah kemenangan, dan pada sebuah kompetisi adalah dinilai dengan ganjaran nilai 3. Dan labelnya adalah “menang”.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x