Mohon tunggu...
Jogja Media Network
Jogja Media Network Mohon Tunggu... Animator - Satria Alif - http://bit.ly/jogjabeda. Book Writers and Freelance Journalist

Abdi Negara dan penulis yang selalu heran terhadap semua kejadian absurd di sekitarnya. Bercita-cita mendirikan pentagon di Indonesia dan mempunyai kedai sederrhana tempat makan bagi sahabat-sahabatnya... I am an Animator too. Specialist in 3D Animation. But good enough in 2D Animation. You can check my gallery of porto folio @ http://bit.ly/jogjabeda

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar Pilihan

Seminar Nasional Perlindungan Data Pribadi - ISO 27001 dan FDIS ISO/IEC 27701

3 Desember 2022   19:39 Diperbarui: 3 Desember 2022   20:14 432
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TUV Rheinland Indonesia bekerjasama dengan Trust Consultant pada tanggal 2 Desember 2022, bertempat di Hotel Grand Ambarukmo Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional yang mengangkat tema Peran Penting ISO 27001 dan FDIS ISO/IEC 27701 Dalam Mengawal Urgensi Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Simposium tentang Pelindungan Data Pribadi yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 Oktober 2022 di Yogyakarta. 

Terjadinya kejadian kebocoran data pada beberapa waktu terakhir khususnya yang terjadi pada data pribadi telah menciptakan keresahan bagi masyarakat. Kasus peretasan yang meningkat, mendorong pemerintah harus segera berbenah untuk mengatasi serangan hacker di ruang digital untuk keamanan data pribadi masyarakat.

Dalam era digitalisasi semua akun maupun penggunaan aplikasi dan transaksi tidak lepas dari penggunaan data pribadi. Perlindungan atas data pribadi perlu dilakukan untuk mencegah oknum atau pihak tidak bertanggungjawab memanfaatkan data pribadi masyarakat untuk keuntungan pribadi.

Oleh karena itu pada tanggal 17 Oktober 2022 Presiden Republik Indonesia telah mensahkan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) yang mengatur semua aspek persyaratan tentang perlindungan yang harus diterapkan oleh pihak pemroses data.

Dokpri
Dokpri


Dengan disahkannya UU PDP, aspek persyaratan perlindungan data pribadi menjadi mandatori bagi pemegang dan pemroses data pribadi masyarakat yakni oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Persyaratan ini pun akan berlaku bagi semua institusi yang bekerjasama menggunakan data masyarakat yang dikelola oleh Dukcapil.

Kegiatan seminar nasional ini diikuti oleh 100 peserta dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), rumah sakit dan perbankan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Seminar ini mengangkat pembahasan peran penting ISO 27001 sebagai standar yang telah diakui secara global sebagai Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) dan turunannya yang lebih spesifik yaitu ISO/IEC 27701 tentang Sistem Manajemen Keamanan Data Pribadi yang saat ini posisinya telah menjadi draft final sebagai standar internasional.

Dokpri
Dokpri


Kegiatan seminar yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta yang diwakili oleh Ibu Dr. Sayuri Egaravanda, S.Kom, M.Eng selaku Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Pemda DIY.

Catatan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun