Mohon tunggu...
Jazilatul Auniyah
Jazilatul Auniyah Mohon Tunggu... Pejuang Ilmu

Ada Saatnya Bergerak,diam dan Berbicara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendekatan Studi Islam, Normatif dan Semantik

10 Desember 2019   10:10 Diperbarui: 10 Desember 2019   10:15 31 0 0 Mohon Tunggu...

Pendekatan  adalah suatu cara untuk dapat mencapai tujuan dengan melakukan cara yang memudahkan pendidik . Pendekaan study islam adalah cara seseorang mengetahui dan mendalami islam. Ada beberapa pendekatan dalam studi islam yaitu: pendekatan normatif dan pendekatan semantikPendekatan normatif adalah pendekatan yang dilakukan dengan cara mendekatkan pada peraturan (norma)yang ada sesuai ajaran islam dengan ketentuan Al-Quran dan Assunah.

Dengan pendekatan ini dapat mengetahui sesatu dengan sesuatu dengan batas norma yang ada.contohnyaPendekatan antropologi  yaitu anthropos yang berarti manusia sedangkan logos adalah pengetahuan, secara terminologi berarti ilmu yang mempelajari tentang manusia dengan segala hal baik dari fisik maupun non fisik dalam pengetahuan.

Pendekatan semantik adalah pendekatan makna yang terkndung dari sesuatu.Pendekatan semantik dalam menafsirkan al-Qur'an lebih menampak pada pemaknaan yang memposisikan teks al-Qur'an pada tekstualitas dan kontekstual. Dengan pendekatan ini menambah dimensi dan makna Al-Quran itu sendiri.

VIDEO PILIHAN