Mohon tunggu...
Anton News
Anton News Mohon Tunggu... Penulis

Berkarya untuk bangsa

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Insentif Pemerintah untuk Menumbuhkan Perekonomian Nasional

6 Agustus 2020   16:20 Diperbarui: 6 Agustus 2020   16:30 20 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Insentif Pemerintah untuk Menumbuhkan Perekonomian Nasional
Ilustrasi : economy.okezone.com

Sebuah program spektakuler Insentif pemerintah akan digulirkan sebagai upaya untuk memberikan stimulus kepada rakyat Indonesia terutama bagi pegawai swasta yang berpendapatan rendah kurang dari 5 juta/bulan dan kewirausahaan sosial bagi perintis usaha kecil dan menengah (UMKM). 

Hal ini dapat dikatakan sebagai alternatif yang tepat untuk di lakukan pemerintah dibawah pimpinan presiden Joko Widodo dan menteri keuangan Srimulyani sebagai bentuk upaya serta motivasi terhadap masyarakat yang sempat "down" dengan adanya pemberlakuan masa pandemi Covid-19. 

Pemulihan ekonomi masyarakat yang sempat "lumpuh" dalam beberapa bulan kebelakang ini memelukan langkah preventif dan perhatian khusus  dari pemerintah, karena jika tidak segera diatasi dapat mengakibatkan munculnya permasalahan baru serta macetnya roda ekonomi, yang sudah tentu berimbas terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Upaya ini sangat di nantikan oleh masyarakat karena masa pandemi Covid-19 secara langsung maupun tidak langsung telah membatasi aktivitas perekonomian bangsa ini, keterpurukan sangat dirasakan terutama oleh pegawai yang mendapat gaji dibawah 5 juta. Disisi lain mereka harus tetap melaksanakan kewajibannya bekerja selaku pegawai.

Meskipun pekerjaan itu dilaksanakan dari rumah akan tetapi biaya tetap saja harus dikeluarkan karena Work From Home (WFH) ini membutuhkan ketersediaanya fasilitas konsumsi yang otomatis harus ada dan dimiliki dengan cara membeli, sedangkan pendapatan justru berkurang. Maka sudah selayaknya diperhatikan dengan adanya Insentif Pemerintah.

Program pemerintah ini akan sangat bermanfaat jika digulirkan pada masa sekarang, dengan catatan harus tepat sasaran, terakomodir, merata dan tidak terjadi kebocoran maupun pemotongan, sebab Insentif Pemerintah dengan nominal 600 ribu/bulan dan 3,5 juta untuk perintis usaha sebenarnya sangatlah kecil jika dibandingt nilai tukar rupiah maupun harga kebutuhan pokok di jaman modern ini.

Apalagi pegawai yang dituntut setiap hari untuk bekerja dengan baik secara otomatis mereka kekurangan waktu untuk berfikir, melangkah maupun usaha lain sebagai tambahan dalam mencukupi kebutuhan hidup diri dan keluarganya. Akan tetapi setidaknya dengan adanya bantuan Insentif Pemerintah ini dapat mengurangi beban keterpurukan ekonomi juga mampu memotivasi kembali geliat perekonomian dari bangsa ini.

Program kewirausahaan sosial juga akan sangat membantu bagi pelaku ekonomi kecil, sebagai upaya dan langkah preventif agar perekonomian bangsa ini kembali bangkit dan bergairah setelah terpuruk di masa pandemi Covid-19

Upaya pemberian Insentif Pemerintah ini penting untuk dilakukan sebagai langkah dalam menghindari macetnya roda perekonomian bangsa, yang sudah tentu jika kemacetan terjadi maka akan berimbas pada keterpurukan perekonomian nasional. Maka, Insentif Pemerintah dapat diberikan kepada warga masyarakat sesegera mungkin, untuk mengobati keterpurukan ekonomi bangsa di masa pandemi ini. 

VIDEO PILIHAN