Mohon tunggu...
Ahmad Jawahir
Ahmad Jawahir Mohon Tunggu... Penulis Tanggung

Biasa saja sih....

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bagaimana Perayaan Idul Fitri Dilakukan di Tengah Pandemi Covid 19?

22 Mei 2020   02:55 Diperbarui: 22 Mei 2020   02:48 114 13 1 Mohon Tunggu...

Ramadhan segera akan meninggalkan kita, tinggal menghitung hari. Tahun ini 1 Syawal 1441 H diperkirakan bertepatan dengan hari Minggu 24 Mei 2020. Seluruh dunia sedang berjuang mempertaruhkan eksistensinya melawan  Pandemi Novel Covid 2019. 

Termasuk Arab Saudi harus menyesuaikan perayaan Idul Fitri yang mungkin untuk pertama kalinya dalam sejarah. Menerapkan kebijakan Lockdown penuh, negara pusat penyiaran, perkembangan dan peradaban Islam ini bisa menempuh cara-cara tersendiri yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Berikut, Tamara Abueish dalam Feature-nya "Coronavirus: Spending Eid in lockdown? Here's how to make the most of the holiday" di Harian Daring berbahasa Inggris Al Arabiya menyampaikan 5 cara yang bisa dilakukan masyarakat Saudi menghabiskan Idul Fitri di bawah kebijakan lockdown ketat.

1. Menyampaikan ucapan selamat

Mengunjungi saudara dan mengucapkan hari raya merupakan tradisi masyarakat Muslim umumnya di Hari Raya. Namun karena Virus Corona, berkumpul banyak orang tidak lagi aman. Sebagai gantinya, orang-orang bisa merayakannya dengan anggota keluarga dan teman melalui pangilan video.

2. Memasak bersama keluarga

Idul Fitri menandai berakhirnya Ramadhan, setelah satu bulan lamanya Muslim berpuasa dari mulai matahari terbit sampai terbenam. Hari ke 1 (1 Syawal) akan menjadi kali pertama keluarga boleh makan bersama  walaupun matahari belum terbenam. Memanfaatkannya dengan masak dan menikmati makanan besar berama-sama akan menjadi cara yang baik untuk memulai perayaan.

3. Menikmati kegembiraan dengan Eidiyah

Salah satu yang paling disukai anak-anak dalam merayakan hari raya adalah Eidiyah, yaitu hadiah atau sejumlah uang yang diberikan kepada anak-anak dari saudara yang lebih tua sebagai bagian dari perayaan. Namun, memberikan uang yang benar-benar bebas dari kuman sangat lah sulit terjamin. Sebagai gantinya, membayar kartu kredit untuk anak-anak dan mengirim Eidiyahnya langsung pada mereka.

4. Pesta bakar-bakaran

Hidangan makanan merupakan bagian terpenting dalam perayaan Idul Fitri. Untuk bersenang-senang, semua anggota rumah tangga bisa bersama-sama membakar makanan. Ma'moul, kue khas Arab isi kurma dan kacang, merupakan menu utama keluarga-keluarga di Timur Tengah selama liburan dan bisa dengan mudah dibuat di rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN