Mohon tunggu...
Yafaowoloo Gea
Yafaowoloo Gea Mohon Tunggu...

Pencinta Traveling, Pemerhati Wisata & Budaya Nias

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Pulau Onolimbu, Surga Tersembunyi di Kabupaten Nias

9 Mei 2015   03:03 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:14 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pulau Onolimbu, Surga Tersembunyi di Kabupaten Nias
Pulau Onolimbu

[caption id="" align="aligncenter" width="2926" caption="Pulau Onolimbu"][/caption]

Pulau Onolimbu merupakan sebuah surga tersembunyi yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Nias, bagian dari kawasan wisata Soziona (Somi, Bozihona, Onolimbu dan Nalawo) di sisi timur kepulauan Nias. Disebut sebagai surga tersembunyi karena masih belum banyak orang yang mengenalnya sebagai objek wisata yang sebenarnya memiliki pesona yang tidak kalah indahnya dengan pulau Asu di Nias Barat ataupun Pulau-Pulau Batu. Pulau ini terkenal dengan bentangan pasir putihnya, air laut yang jernih dan terumbu karang yang masih asri dengan ikan-ikan karang indah berwarna-warni.

Terdapat dua pulau lain yang berdekatan dengan Pulau Onolimbu ini, yakni Pulau Soma dan Onolimbu Kecil. Hanya saja, Pulau Onolimbu ini lebih besar dengan luas kurang lebih 1 Km persegi serta memiliki bentang pantai berpasir putih yang lebih panjang. Salah satu keunggulan pulau ini adalah karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Gunungsitoli, 2 jam dengan boat langsung dari Gunungsitoli ataupun 2,5 jam bila menggunakan kendaraan melalui Bozihona (Idano Gaw0) dan Sohoya (Bawolato).
[caption id="" align="aligncenter" width="2929" caption="Bentang padang rumput dan kerbau di pantai Sohoya"]

Bentang padang rumput dan kerbau di pantai Sohoya
Bentang padang rumput dan kerbau di pantai Sohoya
[/caption]

Salah satu keuntungan bila melalui Sohoya adalah bahwa kita dapat menyaksikan bentangan pantai dan padang rumput yang luas dengan puluhan ekor kerbau yang sedang merumput di sana. Sangat cocok untuk tempat hunting foto bagi para pencinta fotografi. Sayangnya, jalan menuju pantai Sohoya yang berjarak sekitar 5 Km dari jalan antara Gunungsitoli-Teluk Dalam rusak parah sehingga perlu hati-hati terutama bila melewatinya di musim penghujan.
[caption id="" align="aligncenter" width="3008" caption="Bentang Pantai dengan latar belakang pulau Onoimbu"]

Bentang Pantai dengan latar belakang pulau Onoimbu
Bentang Pantai dengan latar belakang pulau Onoimbu
[/caption]

Pulau ini dihuni oleh 2 keluarga dan tidak ada akomodasi/ fasilitas yang bisa memenuhi kebutuhan para pengunjung, hanya erdapat beberapa pondokan yang dibangun oleh Dinas Pariwisata setempat yang bisa menjadi tempat berteduh diwaktu hujan. Para pengunjung disarankan untuk membawa perbekalan sendiri bila berkunjung ke Pulau ini.
[caption id="" align="aligncenter" width="3008" caption="Ekspresi kebahagiaan para pengunjung di Pulau Onolimbu"]

Ekspresi kebahagiaan para pengunjung di Pulau Onolimbu
Ekspresi kebahagiaan para pengunjung di Pulau Onolimbu
[/caption]

Terlepas dari keterbatasan fasilitas, pesona yang ditawarkan pulau Onolimbu ini sangatlah menawan hati. Para pengunjung bisa berenang sepuasnya, snorkeling dan menyelam untuk menyaksikan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan karang yang berwarna-warni, ataupun sambil memancing. Untuk oleh-oleh, para pengunjung bisa singgah di Pantai Sohoya untuk membeli ikan asap (smoked fish) yang masih hangat dengan aroma menggoda buatan nelayan setempat.

Apabila dikembangkan dan dikelola dengan baik, dipastikan bahwa pulau ini akan menjadi primadona baru di pulau Nias mengingat berbagai keunggulan yang dimilikinya terutama jarak tempuh yang dekat serta biaya transportasi yang lebih murah. Para wisatawan dari luar pulau Nias yang memiliki waktu kunjungan singkat serta penduduk dari Gunungsitoli dapat memilih pulau ini sebagai tempat alternatif untuk mengisi liburannya akhir pekan. Hanya butuh 1 hari penuh untuk menjelajah pulau Onolimbu ini.

Sumber Oleh: Yafaowoloo Gea, SS., M.Sc., M.A. Pemerhati Wisata dan Budaya Nias Pengelola Website www.gonias.net dan Page Go Nias

KONTEN MENARIK LAINNYA
x