Mohon tunggu...
Jason
Jason Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang berkuliah di Universitas Katolik Parahyangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

3 Oktober 2022   21:26 Diperbarui: 3 Oktober 2022   21:28 36 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi hominisasi adalah serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) untuk menanamkan spritualitas dan nilai dasar UNPAR (SINDU) kepada mahasiswa. Geladi ini dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2022 di mana bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila.

Pada acara ini, mahasiswa mengikuti seluruh rangkaian acara yang terdiri dari tugas pra-geladi, acara pada hari H, dan tugas pasca-geladi. Pada penugasan pra-geladi, mahasiswa diminta untuk menuliskan bagian syair dari lagu Indonesia Raya 3 stanza yang menarik dan juga memilih salah satu video yang diberikan lalu menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan.

Saat acara hari-H, kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UNPAR, menyaksikan video pembuka dan juga mendengarkan pengantar dari berbagai pembicara. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan games quizizz yang terdiri dari 10 soal seputar Indonesia. Kemudian, mahasiswa melakukan kegiatan dinamika kelompok dimana seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dibagi menjadi 10 kelompok. Setelah itu, setiap kelompok diberikan 45 menit untuk membahas tema yang sudah diberikan bersama anggota kelompoknya. Selanjutnya, mahasiswa menyampaikan hasil diskusi mereka secara kreatif, dapat berupa podcast, drama, dan lain sebagainya, dalam 3 breakout room. Dari masing-masing breakout room, akan dipilih kelompok terbaik yang nantinya akan mempresentasikan kembali hasil diskusi mereka di main room. Pada akhirnya, akan dipilih 1 kelompok terbaik yang menjadi pemenang. Setelah itu, mahasiswa diberikan tugas pasca-geladi yaitu membuat video testimoni atau membuat sebuah narasi mengenai proses selama mengikuti geladi hominisasi.

Dalam geladi hominisasi ini, aspek yang ditekankan adalah logika dan bahasa. Logika adalah hasil pertimbangan pikiran yang dinyatakan dalam Bahasa dan bahasa adalah kemampuan manusia untuk berkomunikasi dengan satu sama lain melalui tanda, seperti gerakan dan kata. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia perlu menggabungkan logika dan bahasa dalam setiap aspek kehidupan. Manusia perlu menyampaikan maksudnya dengan menggunakan bahasa yang baik dan memberikan informasi yang kritis dengan menggunakan logika yang baik.

Dalam geladi hominisasi ini, terutama dalam diskusi kelompok, mahasiswa diajarkan untuk dapat mencari dan mengolah informasi yang didapatkan dengan baik serta menggunakan bahasa yang benar untuk dapat menjelaskan hasil diskusi kepada orang lain. Selain itu, kita diajarkan untuk dapat mendengarkan pendapat orang lain dan berani untuk mengemukakan pendapat kita sendiri.

Melalui geladi hominisasi ini, banyak manfaat yang didapatkan mahasiswa yang dapat berguna di perkuliahan. Kemampuan berlogika dengan baik diperlukan bagi mahasiswa untuk dapat berpikir secara kritis. Kemampuan berbahasa dengan baik juga diperlukan bagi mahasiswa dalam presentasi, bersosialisasi, dan berinteraksi dengan orang lain. Dalam kegiatan organisasi, kedua hal ini perlu digabungkan untuk menciptakan sebuah pemikiran yang logis dan kerjasama yang baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan