Mohon tunggu...
Jasmine Sharfina Calista
Jasmine Sharfina Calista Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog

Artikel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sumber Penghasilan dari Membaca, Menulis, dan Menyunting

17 September 2021   23:20 Diperbarui: 17 September 2021   23:22 128 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Penghasilan dari Membaca, Menulis, dan Menyunting
Sumber: ynotpics.com

Kalian tau gak sih? Kalau dari kegiatan Membaca, Menulis, dan Menyunting itu bisa menghasilkan uang lhoo...

Membaca itu menurut saya suatu kewajiban, karena dari membaca kalian bisa mendapatkan ilmu serta wawasan yang amat luas. Tetapi kalian juga harus menjadi pembaca yang cerdas terutama saat membaca informasi kalian lebih baik memilah terlebih dahulu informasi mana yang perlu dibaca dan tidak.

Menulis sudah kalian pelajari dan gunakan saat kalian duduk di sekolah tingkat dasar sampai sekarang kalian masih menggunakannya. Pada zaman sekarang menulis sudah dikembangkan, kalian dapat menulis lewat banyak aplikasi yang mendukung untuk menumpahkan segala kreativitas yang kalian miliki. Untuk kalian yang hobby dengan menulis jangan sampai hanya sebatas koleksi saja, alangkah baiknya kalian kembangkan menjadi sebuah buku cetak maupun buku elektronik.

Menyunting ibaratkan tahap akhir dari semua hasil yang sudah kalian baca dan tulis, dalam tahap menyunting kalian akan memperbaiki kata-kata yang belum sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), tanda baca,  dan masih banyak lagi. Setelah menyunting kalian bisa naik ke tahap memublikasikan karya, karya yang sudah kalian buat akan dicetak dan disebar luaskan di toko-toko buku. Kalian juga bisa memublikasikan dalam bentuk buku digital yang sekarang dikenal dengan buku elektronik.

Seiring berjalannya waktu teknologi semakin berkembang terus-menerus, jangan puas dengan hasil yang sudah kalian peroleh jika hanya diam tidak ada perkembangan dan tidak memperhatikan zaman kalian akan tertinggal. 

Maksud dari berkembang kalian harus terus mencari hal baru dan memperhatikan perkembangan zaman, contohnya seperti yang marak pada saat ini yaitu wattpad yang banyak digemari banyak kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa dan masih banyak lagi.

Kalian harus mempunya khas pembeda agar kalian dapat dikenal orang banyak, disini lah kalian akan memperoleh penghasilan dan yang pastinya jika kalian baru memulai perjalanan jangan terlalu mengharapkan pendapatan yang terlalu besar tetapi kalian sudah cukup hebat dengan kalian sudah memublikasikannya. 

Kalian akan mempunyai jejak dan pengalaman yang belum tentu orang lain punya, dengan kamu mempunyai sebuah buku kamu akan banyak dikenal banyak orang dan jika buku yang dibuat cocok dengan kalangan zaman now  menjadi best seller kalian akan mendapatkan penghasilan yang sangat cukup besar. Maka dari itu perdalami jika itu hobby jangan dibiarkan terpendam begitu saja.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan