Mohon tunggu...
Jasmine Desvintha Alkatania
Jasmine Desvintha Alkatania Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Nasib Acara Tahunan Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19

30 Desember 2020   00:01 Diperbarui: 30 Desember 2020   01:14 57 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nasib Acara Tahunan Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19
Murid Arvardia Islamic School menunjukkan hasil pembuatan hand sanitizer (Dokpri)

Setiap sekolah tentunya memiliki acara yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya karena sudah masuk dalam agenda wajib sekolah. Namun ditengah pandemi covid-19 yang mengharuskan segala aktivitas dilakukan dirumah maka hal ini menjadi tantangan bagi sekolah dalam pelaksanaannya. Pembelajaran daring menjadi upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19.

 Berbagai aktivitas akademik seperti kegiatan belajar mengajar hingga pembagian raport hasil belajar siswa dalam 1 semester dilaksanakan secara daring melalui Whatsapp Call atau Google Meets. Bagi pendidikan sekolah dasar tentu tidak mudah, pembelajaran daring pada siswa sekolah dasar dinilai kurang efektif  karena anak anak usia dibawah 12 tahun mudah bosan dan tidak fokus didepan gawai.

Arvardia Islamic School merupakan sekolah dasar yang terletak di Jl. Cisaranten Kulon Raya No.24 Kota Bandung. Untuk pertama kalinya pada tahun 2020 ini Arvardia Islamic School menyelenggarakan acara tahunan sekolah yang bernama Book Week secara daring. Dengan pendampingan dan bantuan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang sedang melaksanakan program KKN Tematik Covid-19 di Arvardia Islamic School berhasil dilaksanakan. Kegiatan Book Week dilaksanakan pada tanggal 7 - 11 Desember 2020. 

Book week pada tahun 2020 ini sepenuhnya dirancang oleh kelompok KKN UPI Tematik Covid-19. Rangkaian acaranya meliputi membaca buku bersama, lomba mewarnai, resensi film, lomba story telling, melukis daun, fashion show, edukasi Covid-19 dan praktek membuat hand sanitizer. Walau pun kegiatan dilaksanakan secara daring namun siswa siswi memiliki antusiasme yang tinggi

Edukasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh kelompok KKN Tematik Covid-19 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kepada murid sekolah dasar Arvardia adalah dengan menayangkan video animasi mengenai pengetahuan tentang virus Covid-19 dan cara pencegahannya. Dikemas dengan alur cerita yang menarik dan animasi berwarna, kegiatan edukasi Covid-19 ini mendapat respon yang positif dari murid dan orang tua murid. Walau tak bertatap muka secara langsung seperti pada tahun tahun sebelumnya, kegiatan Book Week tahun 2020 ini meninggalkan kesan yang baik dan menyenangkan. 

Pembelajaran daring merupakan hal yang baru bagi murid sekolah dasar. Rizki, salah satu murid kelas 2 SD Arvardia mengatakan bahwa ia berharap pandemi covid-19 ini segera berakhir agar dapat kembali tatap muka belajar disekolah dan bertemu teman teman. Tentu saja ruang virtual saat pandemi ini tidak menjadi pembatas bagi sekolah maupun mahasiswa UPI untuk berpikir kreatif dan berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran.  

VIDEO PILIHAN