Mohon tunggu...
Jasmine Afridanti
Jasmine Afridanti Mohon Tunggu... -

A Communications student who loves reading books and passionate in learning new things.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

UN Dihapuskan, Pelajari 3 Kemampuan Ini untuk Siap Masuk Kuliah

11 April 2020   19:37 Diperbarui: 11 April 2020   19:47 14 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
UN Dihapuskan, Pelajari 3 Kemampuan Ini untuk Siap Masuk Kuliah
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Sebagai langkah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat, pemerintah menetapkan bahwa Ujian Nasional 2020 ditiadakan. Penghapusan UN menjadi salah satu langkah yang diambil pemerintah sebagai penerapan physical distancing.

Dilansir dari kompas.com, kebijakan peniadaan UN berlaku bagi tingkat sekolah menengah atas (SMA) atau setingkat madrasah aliyah (MA), sekolah menengah pertama (SMP) atau setingkat madrasah tsanawiyah (MTs), dan sekolah dasar (SD) atau setingkat madrasah ibtidaiyah (MI).

Melalui Surat Edaran No.4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat COVID-19, Penerimaan Peserta Didik Baru jalur prestasi dilaksanakan berdasarkan akumulasi nilai rapor 5 semester terakhir dan/atau prestasi akademik dan non-akademik (kemendikbud.go.id).

Selain itu sebagai calon mahasiswa baru, ada beberapa kemampuan yang perlu kamu siapkan dan miliki sebelum masuk dunia perkuliahan.

1. Mengatur Waktu

Di dalam perkuliahan, kemampuan mengatur waktu adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki. Jadwal yang padat dan bahkan dapat berubah sewaktu-waktu, akan membuat kamu kewalahan jika kamu tidak terbiasa mengatur waktu. Jadi mulai saat ini, kamu bisa mulai belajar untuk mandiri dan disiplin dalam mengatur waktumu.

2. Presentasi

Kemampuan presentasi adalah kemampuan yang perlu dimiliki oleh mahasiswa dari semua jurusan. Hal ini penting karena dalam perkuliahan, biasanya presentasi dilakukan untuk melaporkan baik hasil penelitian maupun belajar mandiri. Presentasi dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Presentasi melatih kemampuan Public Speaking-mu baik secara teknis maupun mental.

3. Bekerja dengan Orang Lain

Meskipun dengan bekerja sendiri kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, kamu juga perlu untuk membiasakan diri untuk bekerja dengan orang lain. Selain tugas individu, di perkuliahan terdapat juga tugas atau proyek yang memerlukan kerjasama kelompok. Selain itu hal ini juga melatih kita untuk terbiasa bekerja dengan orang lain di dunia kerja nanti.

"Di dunia perkuliahan, diperlukan keseimbangan antara hard skill dan soft skill. Disiplin dalam segala hal merupakan salah satu kunci agar kita bisa meminimalisir hambatan yang ada dalam proses perkuliahan," ujar Miagita Kurnia, Ketua Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia, HIMA Ilmu Komunikasi President University.  

Mari siapkan diri kamu untuk masuk ke dunia perkuliahan dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan.

---

Content created by: Public Relations Students, Communication Studies, President University

Article Writer: Timothy Wijaya
Photographer: Angella Tiara
Visual Designer: Natanael Aquila
Editor: Zefanya Ariella
Social Media Manager: Jasmine Afridanti

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x