Mohon tunggu...
Jasmine Afridanti
Jasmine Afridanti Mohon Tunggu... -

A Communications student who loves reading books and passionate in learning new things.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tanpa Tatap Muka, Inilah 3 Cara Alternatif untuk Berinteraksi dengan Orang Lain dari Rumah

29 Maret 2020   17:34 Diperbarui: 29 Maret 2020   17:33 74 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanpa Tatap Muka, Inilah 3 Cara Alternatif untuk Berinteraksi dengan Orang Lain dari Rumah
instagram-post-berani-tidak-ilustrasi-perempuan-pink-kuning-biru-6-5e807772d541df08b5679863.png

instagram-post-berani-tidak-ilustrasi-perempuan-pink-kuning-biru-7-5e807780d541df08b5679865.png
instagram-post-berani-tidak-ilustrasi-perempuan-pink-kuning-biru-7-5e807780d541df08b5679865.png
instagram-post-berani-tidak-ilustrasi-perempuan-pink-kuning-biru-8-5e80778cd541df31b322d932.png
instagram-post-berani-tidak-ilustrasi-perempuan-pink-kuning-biru-8-5e80778cd541df31b322d932.png
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan penggantian istilah "Social Distancing" menjadi "Physical Distancing". Namun, pemerintah Indonesia tetap mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas dan interaksi di luar rumah.

Sebagian besar orang tentunya masih perlu bahkan harus berinteraksi dengan orang lain di luar rumah. Demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain, berikut beberapa cara untuk tetap bisa terhubung dan berinteraksi dengan lingkungan sosial dari rumah.

1. Melakukan Video Call

Hal yang paling mudah adalah melakukan panggilan video call. Dengan hanya bermodalkan gadget dan koneksi internet, kita seakan-akan dapat berinteraksi tatap muka. Banyaknya aplikasi seperti Zoom, Google Duo, dan Skype memudahkan kita untuk tetap terhubung dan juga berbicara satu sama lain. Kita juga dapat memakai video call untuk membantu kita dalam hal pekerjaan atau juga untuk melepas rindu dengan orang terdekat.

 2. Bermain Game Online

Bermain game online juga mampu menjadi solusi untuk berinteraksi dengan orang lain. Beberapa game online seperti PUBG, Mobile Legend, dan Gartic.io dapat dimainkan lebih dari satu orang secara bersamaan dan menyediakan fitur khusus agar para pemainnya bisa berinteraksi satu sama lain layaknya melalui telepon. Opsi ini cocok bagi kamu yang ingin berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman.

3. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial juga dapat membuat kita tetap saling terhubung dengan lingkungan sosial kita. Selain melakukan interaksi melalui chat, ada banyak kegiatan yang dapat kita coba seperti membuat video dan melakukan beberapa challenges dengan tagar #dirumahaja. Banyak public figure sudah mulai membuat berbagai konten #dirumahaja dengan gaya dan profesi mereka masing-masing seperti daily vlog selama #dirumahaja, video TikTok, belajar online, sampai wawancara online.

"Selama masa self-quarantine ini, saya banyak berinteraksi melalui sosial media dengan teman-teman yang sudah lama tidak berinteraksi dengan saya dan berbeda lingkungan," ujar Emmanuel Felix Wijaya, Ketua Divisi Kegiatan Mahasiswa, HIMA Ilmu Komunikasi President University.

Mari kita taati anjuran pemerintah untuk #dirumahaja selama proses Physical Distancing demi melindungi diri sendiri dan orang lain. Mari tetap jaga kesehatan dan produktif!

---


Content created by: Public Relations Students, Communication Studies, President University

Article Writer: Timothy Wijaya
Photographer: Angella Tiara
Visual Designer: Natanael Aquila
Editor: Zefanya Ariella
Social Media Manager: Jasmine Afridanti

VIDEO PILIHAN