Mohon tunggu...
Jasmine Afridanti
Jasmine Afridanti Mohon Tunggu... -

A Communications student who loves reading books and passionate in learning new things.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Bermodalkan Kecepatan dan Ketelitian, Inilah 3 Profesi Bidang Jurnalistik yang Bisa Kamu Tekuni

15 Maret 2020   21:53 Diperbarui: 15 Maret 2020   22:28 51 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bermodalkan Kecepatan dan Ketelitian, Inilah 3 Profesi Bidang Jurnalistik yang Bisa Kamu Tekuni
dok. pribadi

Profesi di bidang Jurnalistik merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menantang. Dengan perkembangan teknologi saat ini, seorang jurnalis harus selalu siap berpacu dengan waktu dan perubahan yang terjadi sangat cepat.

Maka dari itu, seorang jurnalis membutuhkan kecepatan juga ketelitian dalam melakukan pekerjaannya. Berikut beberapa pekerjaan di bidang jurnalistik dan beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika ingin terjun ke dunia jurnalis.

1.  Reporter
Tugas utama seorang reporter adalah melaporkan informasi yang akurat dan aktual, langsung dari tempat kejadian. Selain itu, menjadi reporter juga berarti kamu menjadi orang pertama yang menerima informasi dan menjadi media kepercayaan masyarakat dalam menerima informasi. Dilansir dari liputan6.com, gaji seorang reporter bisa mencapai 2,7 sampai 5,8 juta per bulan.

2. Produser
Pekerjaan sebagai produser menuntut kamu untuk mengontrol seluruh proses produksi baik dari sebelum sampai selesai produksi. Hal ini juga berkaitan dengan seluruh aspek produksi yang di antaranya adalah cast, set, dan peralatan. Dilansir dari kompasiana.com, pekerjaan sebagai produser memiliki penghasilan 7,5 sampai 10 juta per bulan.

3. Redaktur
Seorang redaktur atau editor media massa bertugas untuk memeriksa akurasi kalimat dan kata-kata yang dituliskan oleh reporter dari lapangan. Selain itu dalam hal audio maupun video, seorang editor bertanggung jawab untuk memastikan struktur dan ketepatan pada naskah yang akan dibacakan oleh reporter. Dilansir dari liputan6.com, gaji seorang redaktur dapat mencapai angka 9 sampai 11 juta per bulan.

"Menjadi jurnalis berarti harus siap menghadapi segala situasi, kapan saja dan di mana saja," ujar Prisca Priscila Papilaya, Associate Producer GTV, dosen sekaligus alumni (angkatan 2008) Prodi Ilmu Komunikasi President University.

Selain kesiapan menghadapi situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan, seorang jurnalis juga harus siap menghadapi bermacam-macam orang dari berbagai macam latar belakang dan lapisan sosial.

Kemampuan mempelajari isu yang sedang terjadi dengan cepat, kedisiplinan, dan tahan uji, juga menjadi fondasi yang harus dimiliki seorang jurnalis. Jadi, apakah kamu berminat menekuni salah satu pekerjaan di bidang jurnalistik?

---

Content created by: Public Relation Students, Communication Studies, President University

Article Writer: Timothy Wijaya
Photographer: Angella Tiara
Visual Designer: Natanael Aquila
Editor: Zefanya Ariella

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x