Mohon tunggu...
Arya Kumara
Arya Kumara Mohon Tunggu... -

Saya seorang blogger, Web Designer, dan SEO Strategist.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menciptakan Sebuah Rumah Minimalis

27 Februari 2011   15:12 Diperbarui: 26 Juni 2015   08:13 93 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tulisan ini murni diambil dari Ide Rumah.

Demi menciptakan sebuah rumah minimalis bukan berarti harus menghilangkan semua simbol kehidupan. Karena dengan adanya unsur serta simbol – simbol kehidupan maka hunian akan terasa lebih nyaman, lebih ceria dan tentunya lebih hidup.

Mulailah dengan satu ruangan terlebih dahulu. Fokus pada satu kamar dan jadikan tempat itu sumber ketenangan pikiran Anda. Dengan fokus pada satu ruangan itu akan memberi Anda inspirasi untuk bergerak ke depan. Jangan langsung memaksakan untuk fokus pada seluruh bagian rumah atau apartemen karena biasanya justru akan memecah konsentrasi dan pada akhirnya malah sama sekali tidak ada yang dilakukan.

Periksa kembali furniture sebagai upaya untuk meminimalkan hunian Anda, lihatlah perabotan apa yang sekiranya bisa disingkirkan tanpa mengurangi kenyamanan Anda. Pengurangan jumlah perabotan akan membuka ruangan serta berakibat banyak cahaya yang lebih dapat masuk ke dalam hunian Anda. Selalu mulailah dari perabotan yang paling sederhana.

Selalu utamakan perabotan yang benar – benar Anda perlukan di suatu ruangan. Jika perabotan itu benar – benar penting, maka Anda tetap dapat mempertahankannya di ruangan tersebut. Bersihkan apa saja yang bukan merupakan barang penting, Anda selalu dapat menambahkannya nanti. Singkirkan apapun yang menumpuk atau tergeletak di lantai Anda, karena aksesori atau perabotan yang menumpuk di lantai akan menyebabkan kesan penuh, berantakan.

Tampilan pada dinding di semua ruangan Anda juga seharusnya lebih bersih,minim dari kehadiran aksesori apapun. Ini bukan berarti tanpa aksesori, kehadiran sebuah aksesori jika memang diperlukan dan mempercantik tampilan dekorasi suatu ruangan, sebaiknya dipertahankan. Menempatkan sebuah karya seni yang elegan akan mempercantik meskipun kesannya tetap luas dan lapang.

Dalam hal dekorasi interior untuk rumah minimalis, usahakan tetap sederhana. Anda dapat menambahkan beberapa aksen warna pada dinding seperti warna merah atau kuning. Aksesori seperti bantal cushion juga dapat dihadirkan dengan warna – warna yang memikat seperti kuning, biru atau bahkan merah. Ini akan memberikan kesan energi serta kehidupan pada ruangan tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan