Mohon tunggu...
Jasa Nova
Jasa Nova Mohon Tunggu... Novelis - Menulis untuk kebadian

Menulislah maka kamu akan dikenang dengan abadi

Selanjutnya

Tutup

Money

Apa Itu Penyedia Jasa dan Bagaimana Cara Menjaga Kualitas Jasa Mereka

8 April 2020   13:40 Diperbarui: 18 Mei 2020   19:44 1495
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa itu penyedia jasa? Penyedia jasa adalah badan usaha atau perusahaan maupun perseorangan yang menyediakan layanan jasa.  Bisnis yang bergerak di bidang pelayanan, haruslah memiliki orientasi yang tinggi terhadap kepuasan pelanggan. Pemilik bisnis layanan harus selalu melakukan improvement, sebab kebutuhan dan keinginan pelanggan akan selalu berbeda dan berubah seiring berjalannya waktu dan berubahnya pola hidup masyarakat. Nah, agar kualitas layanan penyedia jasa bisa terjaga, beberapa cara ini bisa dilakukan.

Melakukan Evaluasi Secara Berkala
Demi sebuah kualitas yang selalu terjaga, pebisnis layanan harus rutin untuk melakukan evaluasi secara berkala. Selain agar bisa menemukan kekurangan selama dalam masa pelayanan, evaluasi juga bisa menjadi cara pebisnis untuk menyampaikan berbagai ide pelayanan yang lebih baru dan mutakhir. Seperti sekarang ini, transaksi lebih banyak dilakukan lewat cara digital. Demi mempermudah transaksi dengan pelanggan, penyedia berbagai jasa daring seperti jasa cleaning service panggilan, atau jasa salon mobil panggilan harus beradaptasi dengan menyediakan metode pembayaran yang mudah dan berbasis digital seperti melalui e-wallet atau kartu kredit.

Mengedukasi Vendor Tentang SOP Secara Detil
Agar tercipta sistem kerja yang harmonis antara vendor dan perusahaan, maka harus ada sesi dimana vendor mendapatkan edukasi mengenai cara bekerja yang sesuai dengan standar operasional perusahaan (SOP) yang berlaku. Vendor harus mendapatkan gambaran dan penjelasan mengenai SOP ini dengan detil sehingga mereka paham apa itu penyedia jasa yang ingin dicitrakan perusahaan. Pelatihan dan edukasi juga berguna agar tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa menyebabkan kekecewaan pelanggan karena kualitas pelayanan yang berbeda-beda dari tiap vendor.

Mengadakan Pelatihan yang Didampingi Ahli
Penting bagi setiap perusahaan layanan untuk mengadakan pelatihan bagi para penyedia jasa sebelum turun ke lapangan. Pelatihan ini akan membentuk cara kerja yang sesuai dengan standar yang diinginkan perusahaan. Pelatihan, khususnya yang didampingi oleh ahli juga dapat meningkatkan kualitas vendor dalam melakukan layanan terhadap para pelanggan.

Memberikan Pengawasan Pelayanan dari Awal Hingga Akhir
Selain bertanggung jawab dalam mempersiapkan keahlian vendor, perusahaan layanan juga harus melakukan pengawasan terhadap proses pelayanan yang dikerjakan oleh vendor mulai dari awal hingga akhir. Selain berguna untuk menjaga kualitas layanan dengan melihat cara vendor bekerja, pengawasan juga berguna untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan dalam menggunakan layanan.

Memberikan Garansi Jaminan Kepuasan Pelanggan
Meskipun cukup berisiko, tapi memberikan jaminan kepuasan kepada pelanggan adalah salah satu cara paling jitu untuk menjaga kualitas layanan. Saat pelanggan dijamin oleh garansi, maka mereka bisa lebih mudah percaya apa itu penyedia jasa yang ingin digunakan. Selain menguntungkan pelanggan, garansi kepuasan pelanggan juga bisa memaksimalkan kinerja vendor, sebab mereka akan berusaha untuk bekerja semaksimal mungkin agar tak perlu bekerja dua kali karena pelanggan mengklaim garansi atas layanannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun