Mohon tunggu...
Johas Lesniato
Johas Lesniato Mohon Tunggu... Auditor - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Johas Lesniato Lagi Cari Pacar nih, Bete di Kamar nulis Artikel Domino Qiu Qiu untuk Iklan DKI teruss uyy.. T_T

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Tahukah Kamu Mengapa Suara Sangat Penting?

28 April 2019   02:22 Diperbarui: 28 April 2019   02:29 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi olahan pribadi

Saya telah bertemu sejumlah orang yang bosan dengan mikrofon, sistem PA, dan sejenisnya. Saya mendapat komentar seperti - terlalu banyak kabel, tidak yakin kemana mereka pergi, apa fungsinya! Saya mengerti. Pertama kali saya melihat papan suara saya sedikit "terpesona!" 

Bertemu dengan begitu banyak penulis yang tidak nyaman dengan sistem suara saya memutuskan untuk menawarkan sebuah lokakarya dan dari sana tumbuh sebuah buku kecil - 'cara-untuk' dasar tentang apa, di mana dan mengapa suara-suara terkait dengan kinerja, khususnya untuk menyuarakan pekerjaan.

Suara penting dalam pekerjaan kita sebagai penulis . Ini adalah, sebagian besar, bentuk seni lisan untuk audiens aural.   Jelas, ini tidak selalu terjadi. Ada penulis luar biasa yang tuli dan menggunakan bahasa isyarat, ada penulis yang menggunakan dongeng menggunakan format digital, tetapi untuk sisanya, suara kami yang melakukan The Job of Johas Lestianto.

Dalam pengaturan yang ideal kita tidak akan pernah membutuhkan amplifikasi. Dalam pengaturan yang ideal kita bisa menggunakan suara 'dalam ruangan' kita dan semua orang akan mendengar. Kami tidak akan pernah sakit tenggorokan, atau infeksi. Kita semua akan secara naluriah tahu cara terbaik untuk menggunakan suara-suara kita untuk efek maksimum dengan upaya minimum. 

Tapi ini bukan masalahnya. Aula sangat besar dan suara kami hilang atau bergema begitu banyak ada penundaan menakutkan, angin mengambil suara kami, atau akustik sangat buruk orang-orang berbisik di belakang keras seperti Anda mengucapkan dan mengartikulasikan dengan proyeksi terbaik Anda dari bagian depan! Terkadang kita membutuhkan amplifikasi.

Di masa muda saya, saya berada di sejumlah band dan selalu ke sisi peralatan hal: papan pencampur, mikrofon, dan speaker, baik di dalam maupun di luar studio; meskipun saya 'hanya seorang drummer' dan tidak pernah memiliki suara untuk bernyanyi di luar kamar mandi atau mobil! 

Saya menemukan bahwa suara yang berbeda tidak selalu terdengar bagus di mikrofon yang sama. Beberapa mikrofon baik - baik saja sepanjang mikrofon, tetapi beberapa mikrofon bekerja dengan baik untuk satu penyanyi dan mikrofon lain bekerja lebih baik untuk vokalis yang berbeda. 

Gitaris memilih amp untuk memproyeksikan suara atau perasaan tertentu. Penabuh genderang menggunakan kulit yang berbeda, memiliki pembuat kit dan simbal yang mereka sukai daripada yang lain.

worldofstories.blogspot.com
worldofstories.blogspot.com
Sebagai penulis, saya bisa membawa semua pengetahuan ini, dan ketika saya 'kitted' untuk ruang kinerja yang lebih besar dan untuk tempat-tempat di mana akustiknya berkualitas toilet, saya tahu apa yang harus dilakukan. (Semua peralatan lama saya ditinggalkan di Inggris dan dijual, atau dibagikan lebih dari 20 tahun yang lalu.) 

Saya mencoba sejumlah mikrofon ketika saya merekam CD pertama saya karena saya tahu suara saya memiliki sisi sibilant yang kuat. Untuk bersenang-senang, saya mencoba mikrofon termahal yang dimiliki studio (Pepperbox Studios di Vermont) dalam koleksi mereka. Suaraku terdengar kasar, dan mendesis sampai-sampai mungkin membuat orang mengernyit. 

Mic terdengar bagus untuk seseorang, hanya saja bukan aku! Saya mencoba beberapa mikrofon lain dan menemukan satu yang memotong sibilance dan membawa resonansi yang sedikit lebih dalam ke campuran. Mikrofon itu sangat saya sukai. Sama halnya dengan speaker. Mereka memiliki 'warna' sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun