Mohon tunggu...
Johas Lesniato
Johas Lesniato Mohon Tunggu... Auditor - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Johas Lesniato Lagi Cari Pacar nih, Bete di Kamar nulis Artikel Domino Qiu Qiu untuk Iklan DKI teruss uyy.. T_T

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Ratu Mengemudi Tanpa SIM dan Fenomena Setir Kiri di Inggris

27 April 2019   17:38 Diperbarui: 27 April 2019   17:42 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Putri Elizabeth mengendarai ambulans selama dinas perangnya di ATS selama Perang Dunia Kedua. /Foto : Bryn Colton

Apakah Ratu memerlukan SIM? Dan mengapa pengendara Inggris mengemudi di sisi kiri jalan? Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang sejarah mengemudi di Inggris ... 

Ratu diizinkan mengemudi tanpa SIM? Kenapa?

Ratu Elizabeth II menikmati banyak hak istimewa sebagai raja yang berkuasa di Inggris: ia merayakan dua ulang tahun setahun; memiliki mesin uang pribadi yang dipasang di Istana Buckingham dan memiliki lumba-lumba yang berenang ke perairan Inggris. Dia juga diizinkan untuk mengendarai mobil tanpa lisensi, karena alasan sederhana bahwa izin mengemudi dikeluarkan atas namanya dan, menurut hukum Inggris, ini berarti tidak perlu lagi memegangnya sendiri. Karena alasan inilah, sang Ratu tidak memerlukan paspor untuk bepergian ke luar negeri.

Sang Ratu telah lama menikmati mengemudi dan sering difoto di belakang kemudi. Meskipun tidak memiliki SIM, ia memiliki pengalaman yang cukup di jalan-jalan, setelah belajar mengemudi pada usia 18 saat menjadi sukarelawan untuk Layanan Wilayah Bantu Wanita sebagai subaltern kehormatan kedua selama Perang Dunia Kedua. 

Pertama kali Sim diperkenalkan di Inggris?

Ketika suami Ratu, Pangeran Philip, terlibat dalam kecelakaan mobil pada Januari 2019, banyak orang menyatakan terkejut bahwa Duke of Edinburgh yang berusia 97 tahun masih mengemudi sendiri. Dia kemudian secara sukarela menyerahkan SIM-nya , meskipun tidak ada usia legal di mana pengendara harus berhenti mengemudi di Inggris.

Tetapi apakah orang selalu membutuhkan SIM? Singkatnya, tidak.

Mobil bensin pertama dikembangkan pada pertengahan 1880-an oleh insinyur Jerman Karl Benz, tetapi orang-orang telah mengendarai kendaraan bertenaga uap selama bertahun-tahun sebelum ini. Namun, baru pada awal abad ke-20, orang diharuskan memiliki SIM untuk menjalankan kendaraan di jalan Inggris. Mereka diperkenalkan oleh Undang-Undang Mobil Motor tahun 1903, yang mengharuskan semua pengemudi untuk mendaftarkan kendaraan mereka ke dewan wilayah setempat. Pengemudi harus membayar untuk didaftarkan: biayanya 20 shilling (atau 1) untuk mobil dan 5 shilling untuk sepeda motor. Tidak ada tes mengemudi yang terlibat pada tahap ini - lisensi hanya dimaksudkan untuk menjadi sarana mengidentifikasi kendaraan dan pengemudi mereka (meskipun UU Mobil Motor memang memperkenalkan hukuman untuk mengemudi sembrono). Seperti hari ini, pengemudi diminta untuk menampilkan tanda registrasi pada kendaraan mereka. 

Awal diperkenalkan tes mengemudi di Inggris dan diwajibkan?

Pada tahun 1933, ada lebih dari 7.000 kematian di jalan-jalan Inggris, dan 216.401 cedera - terlepas dari kenyataan bahwa hanya ada sekitar 1,8m mobil di jalan (untuk membandingkan, diperkirakan ada 1.770 kematian dan 165.000 cedera hari ini, dengan lebih dari 38,4 m mobil beraksi). Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah memperkenalkan tes mengemudi melalui undang-undang baru, UU Lalu Lintas Jalan 1934.

Untuk mencegah serbuan awal pelamar, pengujian bersifat sukarela sampai 1 Juni 1935. Orang pertama yang lulus adalah Tuan J Beene, yang membayar tujuh shilling dan enam pence (sekitar 22 hari ini) untuk hak istimewa. Dia memiliki peluang lulus yang lebih tinggi pada tahun 1935 daripada saat ini: pada tahun pertama penerapannya, tingkat kelulusannya sekitar 63 persen, sedangkan pada tahun 2009 berada pada 46 persen. Beberapa elemen dari tes mengemudi pertama masih dinilai hari ini, seperti kemampuan untuk menyelesaikan tikungan tiga titik, pengereman darurat dan menyalakan mobil di bukit yang curam.

Pabrikan mobil Charles Stewart Rolls mengendarai mobil pertamanya di akhir abad ke-19, dengan seorang pria berjalan di depan dengan bendera merah sesuai hukum yang berlaku saat itu. /Foto : Topical Press Agency
Pabrikan mobil Charles Stewart Rolls mengendarai mobil pertamanya di akhir abad ke-19, dengan seorang pria berjalan di depan dengan bendera merah sesuai hukum yang berlaku saat itu. /Foto : Topical Press Agency

Pengujian pengemudi ditangguhkan selama Perang Dunia Kedua sementara penguji dipanggil untuk tugas lalu lintas lainnya dan untuk mengawasi penjatahan bahan bakar. Selama waktu ini, peserta didik diizinkan untuk mengemudi tanpa ditemani sampai pengujian kembali pada 1 November 1946. Pengujian juga ditunda selama Krisis Suez tahun 1956, sehingga penguji dapat membantu mengelola ransum bensin, tetapi dilanjutkan pada 15 April 1957. 

Orang yang menerima tiket ngebut pertama di Inggris

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun