Jeffrey A. Ansen
Jeffrey A. Ansen

I'm a Creative Web Developer, Social Media Expert, Internet Marketing Professional & Consultant, and SEO Expert. Founder of JDA Community, Indonesian Young Entrepreneur.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Cara Memilih Gudang Karawaci

13 Januari 2018   17:52 Diperbarui: 13 Januari 2018   17:55 318 0 0

Untuk Anda yang bergerak dalam bidang bisnis, terutama bergerak dalam bidang produksi atau bahkan industri, atau bahkan bergerak dalam bidang pengadaan barang. Tentu tidak akan lepas dari sebuah gudang ! Fungsi gudang tentu saja sangat penting, gudang akan sangat menunjang bisnis Anda. Aliran produksi atau pengadaan barang jadi lebih lancar. Untuk memilih gudang yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, tentu tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, antara lain:

Jenis barang yang akan disimpan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah jenis barang seperti apa yang akan Anda letakkan di dalam gudang, apakah makanan basah, makanan kering, atau barang lainnya. Dengan mengetahui hal ini, maka Anda pun akan tahu, karakteristik gudang seperti apa yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan yang ada di sekitar pergudangan, usahakan memilih gudang yang dapat menjamin barang Anda tetap aman dan tidak rusak.

Lokasi yang strategis

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah memilih lokasi yang strategis. Terutama di Jakarta ada banyak sekali gudang yang dapat Anda pilih. Salah satunya adalah gudang Karawaci. Gudang Karawaci ini memiliki beberapa keunggulan, seperti lokasinya yang strategis, mudah untuk diakses, dll. Selain itu, gudang Karawaci juga berada dekat dengan daerah Industri. Jadi untuk Anda yang saat ini berada di daerah Tangerang dan sedang membutuhkan sebuah gudang, tidak ada salahnya memilih gudang Karawaci ini.

Luas gudang / ukuran gudang

Hal berikutnya adalah memilih gudang berdasarkan luas atau ukuran gudang. Namun sebelumnya Anda perlu memperhatikan jumlah barang yang akan disimpan dalam gudang tersebut. Semakin banyak jumlah barang yang akan disimpan, maka ukuran gudang yang Anda perlukan juga akan semakin besar. Jika jumlah barang yang akan disimpan sedikit, maka ukuran gudang yang Anda butuhkan juga kecil. Anda juga perlu mempertimbangkan luas gudang berdasarkan letak menyusun aneka barang yang akan disimpan.

Perhatikan kondisi gudang

Perhatikan juga bagaimana kondisi gudang. Pastikan kondisi gudang pas dan sesuai dengan jenis barang yang hendak disimpan. Pastikan gudang dalam kondisi baik, tidak bocor, tata lampu baik, dan berbagai hal lainnya.

Akses menuju gudang

Perhatikan juga akses menuju gudang tersebut. Usahakan memilih gudang dengan akses jalan yang luas, jalannya rata, atau tidak berlubang, serta memiliki pintu gudang yang luas. Dengan demikian akses keluar masuk gudang tidak akan menjadi kendala. Ini juga yang membuat proses bisnis Anda menjadi lebih lancar.

Standar keamanan

Perhatikan juga standar keamanan yang ada di lingkungan sekitar. Pastikan lingkungan yang ada di sekitar gudang baik. Itu artinya gudang Anda aman, dan tidak akan terjadi tindak pencurian. Beberapa perusahaan pergudangan atau penyedia jasa pergudangan biasanya memiliki referensi gudang yang pas, dengan standar keamanan yang baik.

Fasilitas dalam gudang

Terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah perhatikan aneka fasilitas yang ada di dalam gudang. Adapun aneka fasilitas yang sebaiknya ada dalam sebuah gudang ini adalah area kantor (dimana manager gudang berkantor), ruang istirahat, dapur, ruangan satpam, dll.  Fasilitas seperti ini memang dinilai sepele, tapi dengan adanya fasilitas ini, membuat semua orang yang bekerja dalam gudang ini akan merasa nyaman dan betah.

Gudang Karawaci memiliki berbagai macam hal yang telah disebutkan di atas. Memiliki atau menyewa salah satu gudang yang ada di daerah ini tentu akan membuat keuntungan tersendiri untuk Anda. Anda dapat memilih tipe gudang yang sesuai dengan kebutuhan.