Mohon tunggu...
SRI HARJANI
SRI HARJANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog Pribadi

Mahasiswa Aktive

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Flashback ke Tahun 2000an, Bahasa Chatting dan Postingan Anak Alay Zaman Dulu

10 Juli 2021   23:47 Diperbarui: 11 Juli 2021   00:49 842 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Siapa sih disini yang suka  flashback in postingan kita di facebook ? Apalagi baca -- baca in isi chat  di facebook. Kenapa facebook? karena pada eranya facebook  menjadi salah satu social media  paling trend dikalangan anak muda jaman dulu .

Sebelum adanya BBM, WhatsApp dan aplikasi chatting lainnya yang menjadi trend saat ini . Anak jaman dulu berkomunikasi dengan menggunakan HP untuk SMS dan juga chatting dengan aplikasi Facebook , yang pada masa itu  menjadi aplikasi paling trend di eranya .

SMS dilihat dari singkatan yang mempunyai kepanjangan Short Massage Service atau layana pesan singkat ini memang terbatas penggunaan katanya . SMS ini memiliki batas penggunaan hurufnya dalam satu pengiriman yaitu maksimal 160 huruf . Kira -- kira gimana ya, anak jaman dulu mengirim pesan dengan kata atau kalimat yang banyak dalam satu pengiriman pesan?

 "Tetunya anak jaman dulu juga udah tau dong yang namanya galau ,  dan pastinya perlu dong yang namanya Curhat ."  dikhususkan nih untuk para wanita yang suka 

  • " km = Singkatan dari  "Kamu"  
  • "Aq = singkatan dari Aku"
  • "OTW = singkatan dari  "On The Way
  • "EGP = singkatan dari " Emang Gue Pikirin"
  • "Bbg = singkatan dari " Bobok ( tidur )"

Dilihat dari contoh teks pesan di atas tentunya bikin kita tertawa, senyum -- senyum sendiri dan juga geli kalo mengingatnya , "siapa sih disisni yang pernah ngalamin kayak gitu pada jamannya ? ", tentunya banyak dong! Masih banyak lagi cara anak jaman dulu untuk mengirim pesan  sesuai dengan kreatiatifitas mereka masing. "

Bahasa SMS yang trend pada eranya , tentunya kalo kita mengingatnya pasti senyum -- senyum sendiri, ngerasa geli dan juga berfikir "( Kok gua dulu alay banget ya!)". Apalagi flashback chat sms atau massangger sama doi ,dijamin bikin ketawa gak berhenti -- berhenti. Simak yuk contoh ulasannya !

Bahasa atau istilah Anak jaman dulu cenderung menggunakan singkatan kata  yang terlihat simpel dan alay , contohnya seperti:

  • " nopi, = yang artinya Nonton TV,
  • " gi pa , = yang artinya Lagi apa?
  • " luff yu, = yang artinya Love You
  • "micu, = yang artinya Miss You  
  • "uga, = yang artinya Juga

Dari ulasan  di atas kita dapat menyimpulkan bahwa setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi dengan segala kreatifitas dalam keterbatasan akses komunikasinya, seperti contohnya hal mengirim pesan sms yang harus disingkat karena ada batasan maksimal huruf dalam satu pengiriman pesan .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan