Mohon tunggu...
Janur RatnaSari
Janur RatnaSari Mohon Tunggu... Prodi Akuntansi FEB Unmas Denpasar

Prodi Akuntansi FEB Unmas Denpasar

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Edukasi "Pasar Modal" Jembatan Penghubung Investasi

28 Maret 2020   22:26 Diperbarui: 10 April 2020   16:50 95 0 0 Mohon Tunggu...

 PRODI AKUNTANSI FEB UNMAS DENPASAR - IGA AYU AGUNG JANUR RATNA SARI

Pasar Modal menurut pendapat Martalena dan Malinda dapat di definisikan tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap modal baik itu dalam bentuk equitas ( saham) dan jangka panjang . Dengan tujuan dari hasil penjualan tersebut nantinya akan di pergunakan sebagai tambahan dana atau memperkuat  modal perusahaan.

Dalam Pasar modal  hal yang paling sederhana dilakukan yaitu dengan cara melakukan menabung saham atau berinvestasi di saham -- saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia "BEI". Dengan menabung saham investor memiliki potensi mendapat return yang relative tinggi jika dibandingkan dengan bunga bank.

 Jaman sekarang untuk membiayai kebutuhan jangka panjang agar bisa tetap eksis yaitu dengan cara menabung saham sedangkan untuk kebutuhan jangka pendek bisa memilih menabung di Bank yang memberikan imbalan hasil yang pasti dengan modal yang anda tabung tidak berkurang atau bisa di katakan resiko kerugian nihil.

Untuk memperdalam ajaran mengenai pasar modal tersebut yang di pelajari bukan hanya teori semata tetapi yang harus banyak di tekankan  adalah prakteknya. Banyak hal yang kita peroleh yaitu dapat menganalisa aktivitas perdagangan saham, dapat digunakan sebagai sarana penghubung menuju penguasaan ilmu pengetahuan beserta prakteknya pada pasar modal.

Hal yang perlu diperhatikan untuk  melakukan Edukasi pada pasar modal sejak dini ?

Dengan menanamkan pengetahuan kepada mahasiswa atau dunia akademisi tentang pentingnya melakukan investasi modal sejak dini sehingga membuka pengetahuan mahasiswa ketika keinginan untuk sukses hal yang perlu di perhatikan  yaitu mengubah mindset.

Mengadakan seminar -- seminar dan pelatihan sehingga menambah wawasan mahasiswa untuk melakukan investasi pada pasar modal. Misalkan mengadakan seminar dengan pemateri yang diberikan langsung oleh PT. Bursa Efek Indonesia bekerjasama dengan seluruh perguruan tinggi dan Perusahaan Sekuritas untuk menjelaskan secara terperinci dan detail maka pengetahuan dan pemahaman mengenai produk tentang edukasi pasar modal dapat terserap oleh kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

Bagaimana Edukasi Pasar Modal Sebagai penghubung jembatan Investasi?

Setelah memiliki Edukasi pasar modal membantu seseorang karena dengan adanya koordinasi  untuk terjalinnya komunikasi yang kondusif supaya pekerjaan yang di lakukan dapat menjadi penghubung investasi yang efektif, selain itu dengan informasi mengenai edukasi pasar modal tepat pada sasaran serta banyak memberikan manfaat bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor dan masyarakat umum  dapat di pergunakan sebagai acuan  untuk kepentingan ekonomi dan alternatif dari berinvestasi.

Saran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN