Mohon tunggu...
Januar Sani
Januar Sani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

PKN STAN19

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Tingkatkan Kemampuan Berbisnis, Mahasiswi UPN "Veteran" Jatim Erlinda Kusuma Wardani Lolos Program Studi Independen MSIB di PT. Zenius Education

15 Juli 2022   16:25 Diperbarui: 17 Juli 2022   15:15 502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Studi Independen merupakan salah satu program dari delapan bentuk kegiatan pembelajaran yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020. Kegiatan ini dilakukan di luar perkuliahan untuk menjadi pelengkap dari kurikulum yang telah diambil mahasiswa, tetapi masih tercakup dalam silabus program studi atau fakultas.

Dalam proses pelaksanan studi independen, program ini bekerja sama dengan berbagai mitra perusahaan yang bergerak di berbagai macam sektor mulai dari pendidikan, kesehatan, teknologi, informasi, pelayanan dan kesehatan dan yang lainnya. Program ini diharapkan dapat menyiapkan mahasiswa untuk lebih siap menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja serta pengembangan teknologi yang begitu cepat.

Salah satu mitra yang tergabung dalam studi independen adalah Zenius. Zenius sendiri telah mengadakan program Studi Independen Bersertifikat yang pertama pada 2021. Dan di tahun 2022 ini, Zenius kembali mengadakan program Studi Independen Bersertifikat untuk yang kedua kalinya. Pada batch 2 Zenius menyediakan 15 program sertifikasi professional yang berbeda, yang harapannya mahasiswa dapat memilih program yang linear dengan jurusan, minat dan bakat.

Erlinda Kusuma Wardani adalah salah satu Mahasiswa UPN "Veteran" Jatim yang berhasil mengikuti program studi independen bersertifikat batch 2 pada Zenius dengan program sertifikasi pada divisi "eBusiness Strategy and Customers Lifecycle Management for eCommerce Managers/Specialist". Program ini memiliki fokus pada strategi bisnis dan pemasaran. Program ini menawarkan pembelajaran terkait ;

1. Memahami perbedaan antara e-commerce dan e-business, mengidentifikasi peluang bisnis, memahami bisnis adopsi teknologi digital untuk e-commerce dan e-business, dan memahami risiko dan mengadopsi e-business.

2. Mampu mengidentifikasi model bisnis dan pasar utama dalam e-commerce dan e-business, serta memahami dasar-dasar penting dalam e-commerce dan e-business.

3. Memahami pengertian dan peran penting digital marketing sebagai alat untuk memasarkan produk dan berkomunikasi dengan pelanggan.

4. Memahami tujuan, motivasi, dan keinginan konsumen dalam melakukan pembelian produk, serta dapat mengidentifikasi masalah dan keterbatasan konsumen.

5. Mengetahui pentingnya menjaga keamanan data konsumen. Data ini, termasuk pelacakan lokasi dan jenis informasi pengenal pribadi lainnya.

6. Mengetahui strategi marketing dalam e-business dan apa saja komponennya, serta memahami risiko, sumber daya, dan imbalan yang terkait dengan menjalankan e-business.

7. Memahami tujuan dan sasaran pemasaran media sosial, dan memahami manfaat yang terkait dengan alat manajemen media sosial dalam e-business / e-commerce.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun