Kredibilitas sebuah usaha online juga ditentukan oleh jasa pengirimannya. Usaha online layak untuk dipercaya jika mereka memiliki barang dengan kualitas yang baik, customer service yang membantu pembeli, dan tentunya pengiriman yang cepat dan terpercaya sehingga barang yang dibeli oleh pembeli dapat sampai dengan kondisi baik
Sistem Industri 4.0 dapat diterapkan pada perusahaan logistik untuk mendapatkan efisiensi yang tinggi. Logistik di era industri 4.0 sudah bertumbuh secara signifikan mulai 2018 dan diperkirakan akan berlanjut dalam beberapa tahun mendatang, berkat perkembangan e-commerce. Peran logistik di era digital saat ini lebih dari sekadar urusan pergudangan dan perpindahan barang.
Menurut Kepala Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang Logistik, Supply Chain, dan SDM, Nofrisal, pelaku bisnis dalam industri logistik perlu mempertimbangkan dua hal untuk bisa memanfaatkan teknologi digital agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen, antara lain adalah sebagai berikut: Â (1)
Penawaran layanan maupun model bisnis baru
Digitalisasi kegiatan operasional inti
Salah satu jasa pengiriman barang yang terbilang baru di Indonesia dan langsung berhasil merebut hati pelanggan adalah J&T Express. Memperkenalkan dirinya sebagai perusahaan jasa ekspedisi yang berbasis teknologi. Mampu memenuhi kebutuhan konsumen dengan inovasi pelayanan baru.
Inovasi Kemudahan J&T Express
dok.istimewa
Express Your Online Business, menjadi slogan J&T Express yang memberikan banyak inovasi dan kemudahan sebagai jasa pengiriman barang. Kemudahan pertama yang diberikan J&T Express adalah dalam pengecekan transaksi pengiriman dan harga. Kita bisa cek posisi barang yang sudah dikirim dengan layanan Trace&Track. Di dalam kwitansi yang kita peroleh setelah melakukan pengiriman barang, terdapat nomor resi yang nantinya bisa digunakan untuk melacak lokasi paket. Berbeda dengan jasa ekspedisi lain yang mengunggah nomor resi ke website di jam tertentu saja, nomor resi pengiriman lewat J&T Express akan langsung aktif sekitar setengah jam setelah paket sampai di Drop Point.
dok.istimewa
Sebagai pelaku bisnis online dan juga konsumen dari online shop, saya merasa dimudahkan dengan layanan ini. Dapat terus memantau posisi barang kita, dan pastinya mereka memberikan info yang terkini. Sehingga memudahkan kita juga untuk memberikan keterangan kepada konsumen.
Kemudahan selanjutnya adalah layanan Tariff Check. Sebagai penjual dan juga pembeli dalam bisnis belanja online, tentunya tidak mau dirugikan dalam biaya pengiriman barang. Alih-alih mendapatkan barang diskon dengan harga murah, eh justru biaya kirimnya yang membuncah. Hal ini tentunya dapat diantisipasi dengan mengecek tarif pengiriman terlebih dahulu.
dok.istimewa
Nah, kemudahan yang saya rasakan sebagai penjual online adalah layanan Drop Point. Drop Point adalah penghubung antara pihak kurir dengan pelanggan. Inilah perbedaan antara J&T Express dan jasa ekspedisi lainnya. Jika agen jasa pengiriman lain biasanya bersifat franchise dan dikelola perseorangan, drop pointJ&T Express dikelola dengan sistem sentralisasi. Dengan begitu, semua drop point di Indonesia memiliki jam operasional yang seragam, bahkan melayani di saat tanggal merah maupun libur nasional.
dok.istimewa
dok.istimewa
Inovasi yang juga sangat menguntungkan adalah, J&T Express menyediakan layanan jemput paket untuk setiap konsumennya. Layanan yang diberikan ini berlaku untuk semua jenis paket. Tidak ada minimal batas, minimal berat atau jumlah untuk mendapatkan layanan ini. Cukup dengan mengakses aplikasi J&T Express atau menelepon Drop Point terdekat, maka J&T Express akan mengirimkan sprinter (kurir) untuk menjemput paket ke tempat kita. Tentunya sangat menguntungkan bagi saya selaku ibu rumah tangga yang tidak punya cukup waktu untuk mengantarkan paket ke Drop Point.