Mohon tunggu...
Janu Muhammad
Janu Muhammad Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Aktif di www.janumuhammad.id sejak 2012. Minat di pendidikan, keluarga, kepemudaan, kewirausahaan sosial, dan lingkungan. Pernah belajar di Inggris, Belanda, Australia, Amerika, dan beberapa negara lainnya. Menerima apresiasi : Paragon Innovation Award 2021, Juara 1 Lomba Menulis Desa Wisata 2021, Juara 1 Inspirasi Muda Indonesia 2020, Juara Favorit Mikroblog IETD 2021. Ingin kolaborasi? Kirim pesan instagram @janu_muhammad atau email janu.muhammad2@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Terminal Sedekah: Ajak Berbagi Sayur di Tengah Pandemi

28 September 2021   04:25 Diperbarui: 28 September 2021   04:29 26 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Terminal Sedekah: Ajak Berbagi Sayur di Tengah Pandemi
Aktivitas pagi itu di Terminal Sedekah (sumber: dokumen pribadi)

Siapa yang menyangka bahwa pandemi Covid-19 ternyata sudah masuk tahun ke-2. Awalnya hanya 1 kasus di Jakarta, sekarang sudah menuju masa puncaknya. Pelan tapi pasti, semoga situasi normal kembali. 

Bagi saya dan keluarga, pandemi memberikan pelajaran berharga tentang kemanusiaan. Di situasi serba sulit, Mei 2020 kami justru memulai usaha kecil-kecilan. 

Nama usaha kami adalah Sayur Sleman, semoga mudah diingat ya. Intinya, kami jualan sayur online untuk bantu petani lokal, pedagang sayur, dan UMKM untuk memasarkan dagangannya secara online. Untuk lebih jelasnya, bisa sempatkan melihat profil IG @sayursleman.id


Bedanya Sayur Sleman dengan platform jualan sayur online lainnya adalah adanya kegiatan sosial kemanusiaan. Adalah sedekah sayur, program sosial yang memberi kesempatan publik untuk berbagi sayur melalui Terminal Sedekah (TS). TS berlokasi di Dusun Ngemplak, Caturharjo, Sleman. Awalnya, TS diinisiasi oleh Bapak Purnomo, ketua RT setempat.

Rasanya kering, jika punya usaha tapi belum bisa memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar. Lewat program sedekah sayur, saya dan tim berupaya untuk menggerakkan ekonomi warga. Tujuan terpentingnya, mengajak orang-orang dekat untuk mau berbagi di tengah pandemi. Selain pahalanya berlibat, juga menuai manfaat untuk masyarakat. 

Antusiasme warga Ngemplak (sumber: dokumen pribadi)
Antusiasme warga Ngemplak (sumber: dokumen pribadi)

Sedekah sayur biasanya dilakukan Jumat pagi. Pernah beberapa bulan, per 2 hari sekali. Alhamdulillah, respons dermawan luar biasa. Total donasi masuk lebih dari 60 juta rupiah dan dibelanjakan sayur serta bahan pokok lainnya. Hingga kini, lebih dari 150 orang baik telah menitipkan sedekahnya. Tak kurang dari 100 warga telah menerima manfaatnya. 

Harapan saya, semoga program ini terus berlanjut, makin banyak orang yang mendukung. Terima kasih untuk kebaikan teman-teman semuanya selama ini. Semoga Allah membalasnya ya dengan kebaikan berlipat. Berkah sedekahnya, lancar rezekinya. 

Andakah pemberi sedekah berikutnya? Sedekah hari ini, kebaikan berlipat menyertai, insyaAllah. Silakan hubungi kami di WA 085643559585.

Salam dari Sleman, D.I.Yogyakarta

Janu Muhammad

Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan