Mohon tunggu...
Jantsen AM
Jantsen AM Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Suka Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Eksistensi Ojek Online terhadap Kemudahan Akses Masyarakat

30 November 2022   03:58 Diperbarui: 30 November 2022   04:00 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Eksistensi Ojek Online terhadap Kemudahan Akses Masyarakat

Pada masa era globalisasi sekarang ini, kehidupan masyarakat sudah sangat bergantung dengan teknologi, salah satunya terhadap bidang transportasi. Peran teknologi sangat besar dalam peningkatan kemajuan bidang transportasi. 

Transportasi pada masa sekarang ini sudah mengalami peningkatan yang sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya berbagai inovasi dalam peningkatan fitur-fitur yang mendukung keberadaan transportasi, seperti bahan bakar yang sudah digantikan oleh sumber tenaga listrik, kendaraan transportasi yang dioperasikan tanpa kemudi, dan masih banyak lagi inovasi-inovasi lainnya.

Salah satu indikator terpenting dalam transportasi yaitu bentuk pemesanan ojek yang sudah bisa diakses hanya melalui smartphone atau melalui sistem online. Masyarakat bisa dengan mudah memesan ojek hanya dengan sekali klik dari smartphone yang dimiliki. 

Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan transportasi berlomba-lomba mengembangkan sistem developer mereka untuk terus dapat memberikan pelayanan terbaik dengan terus menghadirkan variasi fitur yang mendukung. Salah satu model transportasi yang sekarang banyak digemari masyarakat, yaitu ojek online. 

Ojek sendiri merupakan angkutan penumpang dengan menggunakan moda transportasi sepeda motor. Keberadaan ojek online sekarang sudah hampir bisa ditemui pada tiap ujung sudut kota. Hal itu didukung dengan semakin meningkatnya kepemilikan sepeda motor oleh sebagian besar masyarakat.

Ojek online berbasis teknologi aplikasi kini mulai banyak bermunculan di Indonesia, seperti Go-Jek, Grab Bike, Smart Jek, Bang Jek, Taksi Jeger, Ojesy, dan BlueJek (Amajida, 2016). Salah satu pelopor transportasi online berbasis aplikasi ponsel yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Indonesia saat ini, yaitu Go-Jek. Go-Jek mulai beroperasi sejak tahun 2011. 

Pada awal berdirinya, Go-Jek hanya melayani pesanan ojek melalui telepon, namun sejak bulan Januari 2015, Go-Jek telah meluncurkan aplikasi ponsel yang dapat digunakan sebagai media pemesanan moda transportasi tersebut (Amajida, 2016). Go-Jek merupakan model transportasi yang harus dipesan melalui www.GOJEK.com dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama GOJEK melalui smartphone yang berbasis iOS dan Android.

Fenomena merebaknya ojek online terhadap lalu lintas kehidupan masyarakat dalam kesehariannya membuat pihak aplikasi ojek online mengembangkan inovasi lebih jauh lagi tidak hanya melayani pemesanan ojek secara online, melainkan merambah kepada beberapa bidang ekonomi, seperti pelayanan antar jemput barang, pesan antar makanan, pesan berbagai kebutuhan dapur, pulsa, rumah tangga, layanan pembersihan rumah, cuci kendaraan pribadi mobil dan motor, pelayanan relaksasi pijat, kebutuhan perpindahan barang jumlah besar dalam kebutuhan pindah rumah, bahkan pemesanan tiket bioskop, konser, kereta api, pesawat, dan masih banyak lagi fitur-fitur yang memanjakan khalayak masyarakat secara luas. Sebagian besar, layanan aplikasi ojek online mengutamakan 3 nilai pokok, yaitu kecepatan, inovasi, dan dampak sosial.

Di samping tersedianya berbagai layanan yang telah tersedia dalam aplikasi ojek online yang semakin memudahkan akses masyarakat di berbagai bidang kebutuhan hidupnya. 

Namun, kita tidak bisa melupakan dampak lain yang ditimbulkan dari proses berjalannya layanan tersebut, seperti kondisi polusi udara yang semakin buruk akibat asap kendaraan yang dihasilkan dari para pengemudi ojek online dan kemacetan yang ditimbulkan karena pada saat sekarang pengemudi ojek online yang semakin meningkat jumlahnya otomatis kendaraan yang berada pada jalan semakin menumpuk, baik yang ojek motor atau mobil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun