Mohon tunggu...
Jansen Thionardo
Jansen Thionardo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Helo Student Creator || Semester 7 Ilmu Komunikasi Broadcasting

Berbicara mengenai #pendidikan #sejarah, #ilmusosial #humaniora || suka KPOP; terutama BlackPink, Twice, Red Velvet, Aespa, Itzy, Gfriend, IZ*One, Secret Number, IU, Taeyeon, dan Lee Hi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konflik di Belahan Dunia: Konflik Semenanjung Indochina #Thailand-Kamboja

10 Juli 2022   13:47 Diperbarui: 10 Juli 2022   13:53 113 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pernyataan itu berbicara tentang menghindari konflik bersenjata yang kami pahami sebagai gencatan senjata. ...Asalkan senjata tidak ditembakkan dan artileri tidak berdentum, saya akan cukup gembira.

- Marty Natalegawa

Di benua Asia ada sebuah kawasan bernama Asia Tenggara. Kawasan Asia Tenggara meliputi Indochina*, Semenanjung Malaya, dan pulau-pulau di sekelilingnya. Di sebelah Utara, kawasan Asia Tenggara berbatasan langsung dengan Republik Rakyat China. Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Hindia, Teluk Benggala, dan India. Di Selatan bertetangga dengan Samudera Hindia. Serta, Samudera Pasifik di sebelah Timur (Hermawan, 2018).

Dalam kawasan Asia Tenggara juga tak bisa menghindari sebuah konflik yang terjadi antarnegara. Konflik-konflik yang terjadi misalnya di kawasan Indochina, seperti konflik di Kamboja dan konflik antara Thailand dengan Kamboja. Konflik lainnya di Asia Tenggara, tepatnya konflik di Filipina antara Pemerintah Filipina dengan gerilyawan MNLF dan MILF (Hermawan, 2018).

KONFLIK NEGERI GAJAH PUTIH DAN KAMPUCHEA

Konflik yang terjadi antara negeri Gajah Putih atau Thailand dengan Kamboja diakibatkan oleh sengketa perbatasan wilayah kedua negara. Latar belakang konflik ini bermula dari keambiguan lokasi kuil Prah Vihear yang dibangun oleh Raja Kamboja. Asumsi ini yang meyakini pemerintah Kamboja bahwa wilayah di kuil tersebut masuk ke dalam negara Kamboja. 

Argumentasi Kamboja ini didukung oleh bukti peta yang dibuat oleh pejabat Perancis di tahun 1907. Dengan begitu, Kamboja dapat memenangkan kasus ini di sidang Mahkamah Internasional. Merasa dirugikan atas kasus tersebut, Thailand menaruh pasukan mereka di wilayah sengketa dan tidak akan menuruti keputusan Mahkamah Internasional (Hermawan, 2018).

17 Juli 2008, UNESCO kembali mengakui kuil Vihear berada dalam wilayah Kamboja dan masuk daftar warisan kekayaan dunia. Dengan dua pernyataan itu, konflik Thailand dengan Kamboja kembali memanas di perbatasan ke dua negara tersebut. Konflik itu menimbulkan korban meninggal, dua orang dari tentara Kamboja dan lima orang dari tentara Thailand (Hermawan, 2018).

https://www.dw.com/id/thailand-dan-kamboja-mengaku-menang/a-17218614
https://www.dw.com/id/thailand-dan-kamboja-mengaku-menang/a-17218614

21 Juli 2008, menggelar kembali perundingan untuk mengakhiri sengketa dengan nama Thailand-Kamboja General Border Committee (GBC), namun perundingan ini tidak menemukan titik temu. Akibat kegagalan perundingan ini, banyak kontak senjata yang dilakukan kedua belah pihak di perbatasan (Hermawan, 2018).

Pada akhirnya Indonesia turun tangan akibat Kamboja melayangkan masalah ini ke Dewan Keamanan PBB. Penyebab Kamboja membawa masalah ke DK PBB adalah banyak kontak senjata yang terjadi di daerah perbatasan. Segera Menteri Luar Negeri Indonesia membuat pertemuan dengan menteri luar negeri Kamboja dan Thailand (Hermawan, 2018).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan