Mohon tunggu...
Jangkontua samuel Siburian
Jangkontua samuel Siburian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNIMED PASCASARJANA SEMESTER 3

saya adalah seorang karateka yang sering bertanding di tingkat nasionel,saya juga adalah seorang suka membaca,bernyanyi,dan berolahraga lainnya,saya orang yang aktif dalam organisasi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Faktor Penentu Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Paranginan

1 Desember 2022   19:55 Diperbarui: 1 Desember 2022   20:04 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jangkontua Samuel Siburian. Faktor Penentu Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Paranginan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana UNIMED. 2022. Email:jangkontuasamuelsiburian@gmail.com

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja dengan kinerja guru SD di Kecamatan Paranginan Tahun Ajaran 2020/2021. Selain itu, juga bertujuan untuk mengetahui kecenderungan kepuasan kerja dan kinerja guru SD tersebut. 

Sesuai dengan tujuan penelitian, penelitian ini adalah penelitian korelasional. Selanjutnya, sesuai dengan data variabel penelitian adalah data kuantitatif, maka metoda penelitian ini disebut metode penelitian kuantitatif. 

Penelitian ini dilakukan pada SD Negeri di Kecamatan Paranginan Tahun Ajaran 2020/2021 dengan populasi semua guru kelas yang berjumlah sebanyak 91 orang dan sampel sebanyak 76 orang.  

Hasil penelitian menemukan bahwa kecenderungan kepuasan kerja guru adalah puas, karena sebanyak 52 orang (68,42%) guru memiliki tingkat kepuasan kerja dalam kategori puas. 

Hasil penelitian menemukan bahwa kecenderungan kinerja guru adalah baik, karena sebanyak 41 orang (53,95%) guru memiliki tingkat kinerja dalam kategori baik. 

Selain itu, hasil penelitian menemukan koefisien korelasi antara kepuasan kerja dengan kinerja guru SD, yaitu: rxy = 0,627 lebih besar dari harga r tabel untuk n sebanyak 76 pada taraf signfikansi 5%, yaitu: rt5% = 0,227. Jadi,  harga koefisien korelasi hasil penelitian lebih besar dari harga koefisien korelasi pada tabel r, yaitu: 0,627 > 0,227, sehingga dapat disimpulkan ada korelasi positif yang signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru SD di Kecamatan Paranginan. 

Sehubungan dengan simpulan diajukan implikasi dalam rangka meningkatkan kinerja guru SD dapat dilakukan peningkatan kepuasan rekan kerja, kepuasan pengawasan, dan  kepuasan upah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun