Mohon tunggu...
Jane Millenia
Jane Millenia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa S1 Hospitaliti dan Pariwisata Angkatan 2017

Mahasiswa Penerima Beasiswa Unggulan Kemdikbud RI untuk Prodi S1 Hospitaliti dan Pariwisata 2017, terdaftar dalam program Double Degree STP Trisakti - Guilin Tourism University, China.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Sempat Turun Pamor, Plaza Ini Kembali Jadi Destinasi Wisata Viral di Korea

22 Juli 2021   18:23 Diperbarui: 22 Juli 2021   18:36 136 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sempat Turun Pamor, Plaza Ini Kembali Jadi Destinasi Wisata Viral di Korea
Cheonggye Sewoon Plaza, credit to: visitseoul.net

Bila ditanya area di Seoul yang mana yang paling terkenal untuk dijadikan tempat untuk berwisata maka pasti sebagian besar dari kita (sebagai turis mancanegara) akan menjawab "Gangnam", dan "Itaewon" karena sudah sering mendengar nama tersebut. Jika kita mencari konten wisata  mengenai kedua tempat tersebut di situs media sosial seperti Instagram dan Youtube pun banyak yang sudah membahas dan mengabadikan tiap sudut Gangnam dan Itaewon dalam bentuk foto dan video. 

Sejak bulan Februari kemarin, sebuah plaza yang berlokasi di Jongno, Seoul  ini kembali menjadi salah satu spot wisata yang ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun internasional karena muncul sebagai latar tempat utama di drama Korea yang sangat booming  sampai hari ini, Vincenzo.

Cheonggye Sewoon  Plaza dalam Drama Korea
Cheonggye Sewoon  Plaza dalam Drama Korea "Vincenzo", credit to: Gia Allana.

Dalam drama "Vincenzo" plaza ini dinamai sebagai "Geumga Plaza", merupakan pusat pertokoan sekaligus tempat tinggal bagi para pemilik usaha di sana. Bangunan pertokoan yang dimulai perencanaan pembangunannya pada tahun 1966 di daerah kumuh tempat para warga (maaf) kurang mampu yang menempati lahan kosong di sekitar Kuil Jongmyo setelah Perang Korea  (1950-1953) ini memang merupakan bangunan apartemen pertama di Korea yang fungsinya digabung menjadi pertokoan juga sehingga sempat menjadi plaza paling sensasional pada masanya. 

Wujud Cheonggye Sewoon Plaza Dahulu, credit to: IG @jimmythehistorian
Wujud Cheonggye Sewoon Plaza Dahulu, credit to: IG @jimmythehistorian

Plaza yang menyediakan berbagai toko barang-barang bermerek dan unit apartemennya sempat ditinggali beberapa selebriti Korea tersebut rupanya tidak bisa mempertahankan masa kejayaannya karena pada tahun 1980an pemerintah Korea merencanakan pembangunan kembali beberapa daerah di Seoul seperti Yongsan dan Gangnam sehingga para warga berbondong-bondong pindah ke area yang sudah dibangun ulang tersebut. 

Seperti yang kita ketahui saat ini, harga tanah di Gangnam setiap tahunnya mengalami kenaikan karena dinilai sebagai pusat atau jantungnya Seoul yang lengkap dengan segala fasilitas sehingga menjadi tempat tinggal bagi para artis-artis ternama juga para konglomerat di Korea.

Pada tahun 2000, pemerintah setempat merencanakan pembangunan ulang Sewoon Plaza untuk diganti menjadi kompleks perumahan namun mendapat kecaman serta aksi demonstrasi dari warga yang tinggal di dan sekitar Cheonggye Sewoon Plaza yang ingin mempertahankan tempat tinggal dan kenangan mereka di sana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN