Mohon tunggu...
Jane alya firani
Jane alya firani Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Fira

.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Liburan Sekolah!

17 Juli 2019   10:57 Diperbarui: 17 Juli 2019   11:10 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1 Juli 2019, libur sekolah sebelum kenaikan kelas pun tiba. Murid-murid menggunakan waktu luangnya yang luas itu dengan cara yang beragam. Ada yang berlibur ke luar kota atau bahkan ke luar negri dengan keluarga, ada juga yang hanya menghabiskan waktu dengan teman, ada yang berkunjung ke rumah kerabat dan sebagainya. Tapi diantara mereka semua, ada juga murid yang hanya di rumah, menikmati ketenangan waktu luang yang diberikan. Saya salah satunya. Tidak setiap hari saya dapat berbaring dengan leluasa selama beberapa jam tanpa melakukan apapun. Ditemani dengan hp, ac dan kasur saya dapat menikmati hari-hari saya layaknya tanpa beban.

Sesekali, saat telah bosan saya pun mengganti aktivitas. Seperti dengan menggambar, membaca novel dan menulis. Menggambar apapun yang terlintas di pikiran, membaca apapun sesuka saya dan mencurahkan ide saya dalam bentuk tulisan, entah dalam suatu aplikasi atau selembar kertas. Memang bukan liburan ideal semua orang, akan tetapi bagi saya, beberapa hari untuk lepas dari tanggung jawab dan bebas melakukan apapun sesuka saya adalah liburan yang menyenangkan. Walaupun, saya tidak memiliki apapun untuk di post di snapgram atau untuk bercerita pengalaman menarik saya saat liburan ke orang lain, berbeda dengan yang lainnya, tapi itu bukan masalah, kan?

Hari demi hari berlalu. Bosan memang rasa nya lama-lama. Pagi saya hampir setiap hari nya, ditemani buku, hp atau kertas jadi mulai membosankan. Saya terkadang pergi keluar mengelilingi komplek dan keluar dengan motor saat sore hari agar paling tidak mata saya tidak disuguhkan pemandangan kamar saya terus setiap saat nya. Tapi, setelah saya pikir-pikir kembali, dengan jadwal sekolah saya, Labschool, yang padat dan suka mendadak ini, mungkin memang sebaiknya menyimpan tenaga. Agenda aktivitas Labschool yang tidaklah sedikit bisa melelahkan dan dapat menyebabkan tubuh jatuh sakit bila tidak tahan.

Saya pun kembali menikmati hari-hari saya di beberapa minggu ini dengan hal yang monoton. Bosan saya dapat dikurangi dengan sesekali ke Mall atau hanya sekedar mempersering naik motor keluar komplek saat ada waktu. Tidak lama, saudara saya pun datang dan membuat rasa bosan saya lebih berkurang.

Tidak semua hal monoton membosankan jika hanya dalam waktu tertentu. Saya justru bersyukur saya saat liburan sudah menyimpan tenaga. Karena benar, baru sehari masuk sekolah, pelajaran sudah menunggu padahal buku saja belum ada.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun