Mohon tunggu...
Jandris Slamat Tambatua
Jandris Slamat Tambatua Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana MSDM

"Manusia Kerdil Yang Berusaha Mengapai Bintang"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Anak Muda Harus Bangga Memakai Batik Asli Indonesia

2 Oktober 2023   09:45 Diperbarui: 2 Oktober 2023   09:46 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak muda harus bangga memakai batik asli Indonesia (Dok. Pribadi)

Batik, seni tradisional Indonesia yang berakar dalam sejarah ribuan tahun, telah menjadi ciri khas yang sangat dihargai di seluruh dunia. Batik bukan hanya kain berwarna-warni yang indah, tetapi juga sebuah bentuk seni yang rumit dan simbolik. Awalnya, Batik digunakan sebagai pakaian untuk bangsawan dan keluarga kerajaan. Namun, seiring berjalannya waktu, Batik menjadi lebih terjangkau dan dapat dikenakan oleh masyarakat umum.

Indonesia, negeri yang kaya akan budaya dan warisan seni, telah memberikan dunia sebuah keajaiban tekstil yang tak ada duanya - Batik. Batik bukan sekadar kain yang indah, tetapi juga sebuah karya seni tradisional yang telah melintasi batas-batas waktu dan memukau hati banyak orang di seluruh dunia. 

Pada tahun 2009, UNESCO secara resmi mengakui Batik sebagai warisan dunia, mengukuhkannya sebagai kekayaan yang patut dilestarikan oleh semua generasi.

Anak muda juga bisa berkreasi dengan Batik (Dok. Pribadi)
Anak muda juga bisa berkreasi dengan Batik (Dok. Pribadi)

Namun, di tengah modernisasi dan globalisasi, penggunaan Batik asli Indonesia, terutama di kalangan anak muda, dapat terancam. Seiring berkembangnya gaya hidup yang semakin cepat dan pilihan pakaian yang semakin beragam, ada risiko Batik menjadi terpinggirkan. Oleh karena itu, penting bagi anak muda Indonesia untuk memahami pentingnya memakai Batik dan menggabungkannya ke dalam gaya hidup modern mereka.

Memakai batik tidak harus terasa kuno atau membosankan (Dok. Pribadi)
Memakai batik tidak harus terasa kuno atau membosankan (Dok. Pribadi)

Sebagai anak muda Indonesia, kita memiliki tanggung jawab besar untuk melestarikan kekayaan budaya ini. Salah satu cara sederhana namun kuat adalah dengan memakai Batik asli Indonesia. Ini bukan sekadar memakai pakaian, melainkan juga merupakan bentuk penghargaan terhadap sejarah, seni, dan budaya nenek moyang kita.

"Memakai Batik tidak harus terasa kuno atau membosankan. Anak muda juga bisa berkreasi dengan Batik. Kombinasikan dengan gaya modern untuk menciptakan penampilan yang unik dan khas. Anda bisa memadukan Batik dengan celana jeans, rok mini, atau bahkan sneakers". 


Ini adalah cara untuk menunjukkan bahwa Batik adalah sesuatu yang tidak hanya relevan dalam konteks tradisional, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari yang dinamis dan berubah.

Generasi muda bangga menggunakan batik asli Indonesia (Dok. Pribadi)
Generasi muda bangga menggunakan batik asli Indonesia (Dok. Pribadi)

Selain itu, memakai Batik asli Indonesia juga mendukung industri lokal. Dengan membeli dan memakai Batik buatan tangan dari pengrajin lokal, kita turut mendukung perekonomian mereka. Ini adalah langkah positif dalam mengembangkan potensi industri kreatif tanah air.

Tidak hanya itu, Batik juga memiliki makna yang dalam. Setiap motif dan pola memiliki cerita dan filosofi tersendiri. Saat memakai Batik, kita juga mengenakan sepotong warisan budaya yang sarat akan nilai dan makna. Ini adalah kesempatan untuk belajar dan mendalami kebijaksanaan nenek moyang kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun