Mohon tunggu...
Jandris Slamat Tambatua
Jandris Slamat Tambatua Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana MSDM

"Manusia Kerdil Yang Berusaha Mengapai Bintang"

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Digital Footprint: Jejak Digital dalam Selancar di Dunia Maya

9 September 2023   12:30 Diperbarui: 9 September 2023   12:43 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Background check medsos membentuk gambaran tentang siapa kita di dunia maya (Dok. Pribadi)

Salah satu aspek paling mendasar dalam bersosial media adalah berpikir sebelum berbagi. Teknologi memungkinkan kita untuk dengan cepat memposting pemikiran, foto, atau opini kita, tetapi hal ini juga bisa memiliki konsekuensi yang tidak terduga. Sebelum mengklik "publish," pertimbangkan apakah apa yang akan kita bagikan menghormati nilai-nilai pribadi dan apakah itu dapat memengaruhi reputasi Anda secara positif atau negatif.

Jejak-jejak di dunia bisa berupa jejak kaki di pasir pantai, jejak kehidupan yang pernah kita alami, atau bahkan jejak kisah petualangan yang memori dalam ingatan kita. 

Namun, di era digital yang semakin maju, ada jejak lain yang seringkali terlupakan, tetapi tak kalah penting: jejak digital atau digital footprint

Background check medsos merupakan jejak data yang ditinggalkan oleh setiap aktivitas kita saat berselancar di dunia maya. Dalam pembahasan ini akan membahas arti dan dampak dari jejak digital ini dalam kehidupan kita.

Jejak Digital: Tanda Hidup di Internet

Mirip dengan jejak kaki yang meninggalkan tanda di tanah, jejak digital adalah tanda hidup kita yang terekam di dunia maya. Setiap kali kita berinteraksi dengan internet, baik itu melalui unggahan, pesan langsung, komentar, atau bahkan mengisi survei online, kita meninggalkan jejak digital. 

Berbicara background check medsosjejak ini mencatat aktivitas kita, preferensi, dan tindakan kita dalam bentuk data yang dapat diakses oleh berbagai pihak.

Jejak Digital Aktif vs. Rekam Jejak Digital

Jejak digital dapat dibagi menjadi dua kategori utama: jejak digital aktif dan rekam jejak digital. Jejak digital aktif merupakan tindakan sadar kita untuk membagikan informasi secara online. Hal ini mencakup segala sesuatu mulai dari unggahan di media sosial, pesan langsung, hingga mengisi formulir online. Ini merupakan tindakan yang kita lakukan dengan sengaja.

Di sisi lain, rekam jejak digital merupakan semua aktivitas yang kita lakukan di internet yang tercermin dalam data. Ini termasuk riwayat penelusuran, halaman web yang kita kunjungi, dan informasi yang kita akses secara online. Meskipun mungkin tidak kita sadari, background check medsos akan membentuk gambaran tentang siapa kita di dunia maya.

Dampak Jejak Digital

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun