Mohon tunggu...
aswantri bekti
aswantri bekti Mohon Tunggu... Guru - Suatu saat di Tanah Lot

hanya orang biasa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mantapkan Pelaksanaan PTM 100%, MTsN 3 Bantul Gelar Rapat Koordinasi

18 Januari 2022   18:21 Diperbarui: 18 Januari 2022   18:56 60 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rapat Koordinasi Persiapan PTM penuh di aula Matsaga, Senin (17/01/2022)

Dengan akan mulai dilaksanakannya kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara penuh, pada Senin (17/01/2022) dilaksanakan rapat koordinasi di MTsN 3 Bantul. Kegiatan ini bertempat di Aula MTsN 3 Bantul. Rapat diikuti oleh seluruh guru dan tenaga kepandidikan di madrasah.

Rapat koordinasi kali ini diawali dengan sosialisasi kebijakan madrasah.  Ada 8 poin utama yang disampaikan oleh kepala madrasah, Sugeng Muhari, S.Pd, Si. Ke delapan poin tersebut adalah : (1) sistem kerja GTK ; (2) presensi menggunakan ropeg dan fingerprint ; (3) GTK yang piket masuk pukul 06.30 WIB; (4) guru yang mengajar jam pertama masuk kelas pukul 06.50 WIB; (5) pintu gerbang selatan ditutup pukul 07.00 WIB; (6) setiap GTK wajib ukur suhu dan memakai handsanitizer di ruang piket; (7) setiap GTK wajib memakai ID card dan name tag; dan (8) setiap guru wajib mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP.

 Peserta rapat koordinasi kemudian mengikuti paparan Puji Lestari, S.Pd selaku Waka Kurikulum MTsN 3 Bantul yang mensosialisasikan Pelaksanaan PTM 100 %. Pada kesempatan tersebut ada setidaknya empat poin penting yang disampaikan untuk kemudian dibahas, yaitu : (1) kebijakan madrasah terkait PTM; (2) pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM); (3) jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (KBM); dan (4) tambahan pembelajaran (les) khusus kelas IX.

Sebagaimana sudah diprogamkan, terhitung mulai Selasa (18/01/2022), madrasah menetapkan kebijakan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) setiap kelas akan kembali diisi sesuai dengan kapasitas semula, artinya seluruh siswa akan masuk  kelas secara penuh. Sebelumnya, selama PTM terbatas, setiap kelas diisi separuh jumlah siswa. 

Pada jam ke- nol digunakan untuk pembiasaan atau pembentukan karakter siswa yaitu dengan pembacaan Asmaul Husna dan tadarus. Setiap hari Senin dilaksanakan upacara bendera, sedangkan tiap Jumat ada tiga opsi kegiatan literasi, kerja bakti, dan senam yang dilaksanakan secara bergantian.

Selaku Waka Urusan Kurikukulum, Puji Lestari, S.Pd. telah berusaha seoptimal dan semaksimal mungkin menyusun jadwal PTM seratus persen.  Jadwal disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal  sehingga diharapkan jadwa yang telah disusun merupakan hasil jadwal yang terbaik. 

Sedangkan untuk mempersiapkan siswa sedini mungkin dalam menghadapi Asesmen Daerah (AD) tahun 2022, telah disusun pula jadwal les bagi kelas IX oleh Siti Rokhayah, S.Pd.,M.Sc. yang menjabat sebagai salah satu staf kurikulum sekaligus guru matematika di MTsN 3 Bantul. Les ini juga sekaligus berfungsi sebagai penguatan bagi siswa.  “Wali kelas diharap menginformasikan  jadwal sesuai kelas yang diampunya”, kata Puji, mengakhiri uraiannya.  

Pemaparan kegiatan PTM oleh Waka Urusan Kurikulum, Puji Lestari, S.Pd/dokpri
Pemaparan kegiatan PTM oleh Waka Urusan Kurikulum, Puji Lestari, S.Pd/dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan