Mohon tunggu...
HERRY SETIAWAN
HERRY SETIAWAN Mohon Tunggu... Konsultan - Creative Coach

membantu menemukan cara-cara kreatif untuk keluar dari kebuntuan masalah

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Uang Kripto, Uang Digital, dan Uang Kita

11 Januari 2022   11:21 Diperbarui: 11 Januari 2022   11:50 351 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
complyadvantage.com

Mata uang bagi kita tidak asing lagi, selain rupiah kita mengenal ada dollar amerika, dollar singapura, ringgit malaysia, yen jepang dan euro. Dan masih ada banyak lagi mata uang dunia lainnya. Sedangkan yang paling mendominasi dunia sebagai alat bayar yang secara umum diterima oleh hampir seluruh masyarakat dunia adalah dollar amerika.

Sebentar lagi kita akan bergeser tidak lagi menggenggam uang dalam bentuk fisik kertas seperti saat ini.

Tiongkok sudah memulai memasyarakatkan uang dalam bentuk digital tahun lalu - remimbi digital. Eropa barat terutama juga sudah mencoba untuk mengalihkan mata uang mereka euro menjadi euro digital pada tahun 2025. Dan juga Indonesia sudah memulai pengkajian beralihnya uang kerta rupiah menjadi uang digital rupiah.

Semua peralihan uang kertas menjadi uang digital ini terjadi didunia nyata - pengertian didunia nyata ini adalah yang bisa kita pegang, rasakan dan lihat secara fisik sehari-hari.

Tetapi ada juga dunia yang secara paralel berkembang dengan sangat pesat saat ini yaitu dunia tidak nyata - atau dunia maya yang dikenal belakangan ini dengan nama metaverse.

Dunia metaverse saat ini masih berada dalam tahap yang paling awal dari pembentukannya. Atau sederhananya seperti pembentukan awal dunia kita saat ini oleh Tuhan dalam kitab suci.

Semua kosong dan pelan-pelan mulai diisi dengan tumbuh-tumbuhan, hewan atau binatang , air dan cakrawala. 

Dalam dunia metaverse juga berada dalam tahap itu, mulai dibentuk - bukan oleh Tuhan tetapi oleh perusahaan tehnologi.

Sebagaimana layaknya mulai adanya "peradaban" maka pastilah terjadi transaksi didalamnya. Dulu ketika terjadi transaksi, manusia purba menggunakan cara barter untuk memenuhi kebutuhannya.

Demikian juga dengan dunia metaverse, untuk bertransaksi mereka menggunakan uang kripto - tidak dengan barter, ini sebuah lompatan juga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan