Mohon tunggu...
HERRY SETIAWAN
HERRY SETIAWAN Mohon Tunggu... Konsultan - Creative Coach

membantu menemukan cara-cara kreatif untuk keluar dari kebuntuan masalah

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Siasat Jokowi yang Patut Ditiru untuk Sukses

22 Oktober 2021   17:07 Diperbarui: 22 Oktober 2021   17:15 441 7 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jokowi. Sumber: thejakartapost.com

Berbicara tentang presiden kita saat ini Presiden Jokowi tak ada  habis-habisnya. Baik itu cerita yang menyanjung keberhasilannya maupun cerita orang yang tidak suka dengan apa yang dilakukannya berupa berbagai hujatan dan berita hoax yang disebarkan.

Saya tidak ingin membahas berbagai keberhasilan yang sudah diraih oleh beliau dalam masa 7 tahun pemerintahannya. 5 tahun periode pertama yang berduet dengan JK dan 2 tahun terakhir bersama Ma'ruf Amin.

Adapun dalam tulisan ini  ingin melihat "siasat-siasat" apa saja yang sudah dilakukan beliau agar mencapai hasil yang menurut ukuran banyak orang melebihi kinerja presiden-presiden terdahulu. Bahkan juga banjir pujian dari para ahli, kepala negara dan kepala lembaga di dunia.

Setelah direnungkan dan diamati, ada beberapa "siasat" yang menurut saya yang menjadi titik tolak keberhasilan beliau.

Pertama, siasatnya adalah jangan mencari masalah. Lihatlah sejak pertama kali memegang tampuk pemerintahan, Jokowi tidak pernah cawe-cawe mencari-cari masalah yang harus diselesaikan. Dia tidak mempermasalahkan semua persoalan yang timbul akibat dari kebijakan pemerintahan sebelumnya. 

Dia membiarkan saja semua persoalan itu timbul dan mengkerucut. Setelah masalah itu mengkerucut dan menjadi isu nasional yang melibatkan rakyat, barulah ia bertindak. Dan sekali bertindak langsung ia kerjakan secara tuntas.

Untuk contoh-contohnya mungkin terlalu panjang jika ditulis, tapi kita merasakannya dengan sungguh, seperti harga BBM yang satu harga di seluruh Indonesia.

Kedua, fokus pada satu sektor tertentu. Jokowi bukan tipe yang semua mau dikerjakan. Padahal kita tahu banyak sekali pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan di republik ini. Tapi ia memilih sektor infrastruktur  terlebih dahulu untuk dikerjakan, bukan yang lain. Walaupun sebenarnya sektor pendidikan tak kalah pentingnya untuk kemajuan sebuah bangsa.

Sekali lagi, hasilnya sudah terasa. Terutama di kedua pulau yang ada. Pulau Sumatera dan pulau Jawa. Mobilitas bisa terjadi dengan cepat, aman dan nyaman. Terasa sekali selama terjadinya pandemi covid-19 ini.

Kedua hal tersebutlah yang menjadi siasat dari Jokowi untuk membawa Indonesia menjadi negara maju.

Sebetulnya sederhana sekali, tetapi membutuhkan kesabaran dan keteguhan serta kegigihan yang bukan kaleng-kaleng.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan