Mohon tunggu...
HERRY SETIAWAN
HERRY SETIAWAN Mohon Tunggu... Konsultan - Creative Coach

membantu menemukan cara-cara kreatif untuk keluar dari kebuntuan masalah

Selanjutnya

Tutup

Karir

Seorang Trader yang Sukses?

28 September 2021   07:58 Diperbarui: 28 September 2021   13:12 122 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Seorang Trader yang Sukses?
investopedia.com

Setiap karir atau bisnis pastinya memiliki syarat-syarat minimum untuk berhasil meniti kepuncak - walaupun memang ada banyak faktor lain diluar kemampuan kita turut memainkan peran. Tapi untuk sementara kita mengesampingkan terlebih dahulu semua hal itu.

Berdagang saham di bursa saham juga tidak terlepas dari syarat-syarat untuk berhasil. Nampaknya mereka yang tidak memiliki persyaratan itu biasanya kita kenal dengan ucapan yang mereka lontarkan - saya kapok main saham.

Tentu yang kita maksudkan berdagang saham adalah mereka sendiri yang melakukan semua proses dari analisa sampai eksekusi, mereka tidak memanfaatkan robot untuk membantu atau menggunakan jasa analis di perusahaan sekuritas. Semua mandiri.

Pertama, yang dibutuhkan adalah sabar. Orang yang sering terburu-buru dan cepat mengambil keputusan atau biasa mengambil keputusan karena didorong oleh emosi, sama sekali tidak cocok untuk menjadi pedagang saham.

Untuk memasukkan posisi beli atau jual sebuah saham, dibutuhkan waktu yang tepat sekali agar bisa menghasilakn gain. Dan itu harus sabar.

Kedua, memiliki kebiasaan membaca yang baik - artinya senang membaca. Membaca disini adalah membaca diatas rata-rata orang biasa pada umumnya. Semua indikator dan data analisa harus dibaca dan dicerna agar keputusan yang diambil sungguh-sungguh mencerminkan sebuah keputusan yang terbaik dari berbagai pilihan yang tersedia.

Ketiga, memiliki kemampuan menganalisa. Tentunya kemampuan ini menjadi hampir mutlak untuk berdagang saham - tanpanya seolah sayur tanpa garam. Semua terasa hambar dan serba tebak menebak saja.

Keempat, memiliki kemampuan untuk melihat pola. Berdagang saham sama persis seperti kita berbisnis yang lain. Bisnis pastilah memiliki pola tertentu. Ilustrasinya kurang lebih seperti ini, jika malam hari kita memandang ke langit yang bersih tanpa ada awan, maka tentulah kita melihat terangnya bintang bertaburan.

Ada orang yang dengan sangat mudah melihat pola-pola yang dibentuk dari taburan bintang itu. Ia bisa melihat ada bentuk bintang yang seperti sabit, pedang dan lainnya. Inilah kemampuan untuk melihat pola

Dengan berbekal keempat hal ini, maka siapapun dia dengan latar belakang sosial ekonomi atau budaya apapun juga, dapat dipastikan dengan berlalunya waktu akan menjadi seorang pedagang saham unggulan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan