Mohon tunggu...
HERRY SETIAWAN
HERRY SETIAWAN Mohon Tunggu... Creative Coach

membantu menemukan cara-cara kreatif untuk keluar dari kebuntuan masalah

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Vaksin Terawan atau Vaksin Nusantara

19 Juni 2021   11:27 Diperbarui: 19 Juni 2021   11:48 584 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Vaksin Terawan atau Vaksin Nusantara
minews.id

Saya baru saja mendengarkan rapat dengar pendapat (RDP) di komisi VII DPR yang mengundang dr. Terawan - mantan menteri kesehatan, untuk memaparkan apa itu vaksin nusantara.

Selama ini saya tidak begitu lengkap mendapatkan penjelasan tentang vaksin ini, mungkin yang terbanyak adalah dari tulisan Dahlan Iskan yang memang die hard dari vaksin nusantara ini.

Setelah menyimak dengan seksama, dengan terlebih dahulu mengosongkan pikiran dari berbagai prasangka terhadap topik ini, saya mendapatkan gambaran yang sedikit lengkap karena diungkapkan oleh dr. Terawan sendiri sebagai penggagas vaksin ini.

Dalam tayangan RDP DPR tersebut, dipaparkan dengan jelas bagaimana proses pembuatan vaksin nusantara hingga produk jadinya kelak dan bagaimana implementasi vaksin di tangan pengguna akhir.

Semua alurnya logis dan sangat sederhana menurut saya. Entah dr. Terawan nya yang pintar mengemas penjelasannya atau memang sebetulnya persoalan itu sederhana saja seperti yang dijabarkannya.

Satu kata dari saya, mungkin vaksin nusantara ini adalah jawaban doa dari kita semua berjuta-juta rakyat Indonesia, agar pandemi covid-19 ini musnah di bumi pertiwi. Dan Tuhan menunjukkannya dari seorang yang lahir dari rahim bumi pertiwi sendiri yakni dr. Terawan. Sungguh indah sekali kasih Tuhan kepada kita semua.

Dalam paparan itu juga diungkapkan oleh seorang anggota DPR yang mengatakan bahwa ia sudah di suntik vaksin nusantara sebagai relawan dan hari ini katanya sudah masuk hari ke-54 dan tidak apa-apa kondisinya. Bahkan ia merasa lebih sehat.

Tanpa malu-malu lagi seorang ibu anggota komisi VII mengungkapkan bahwa ia mempunyai penyakit autoimun, dan tidak berani di vaksin menggunakan vaksin yang ada saat ini. Dan ia menggunakan forum RDP itu bertanya apakah vaksin nusantara bisa ia pergunakan. Lalu dengan bijaksana dr. Terawan mengatakan bahwa ada salah satu public figure dengan kasus yang sama seperti dia, saat ini sudah di suntik dengan vaksin nusantara. Dan tidak apa-apa.

Dan bagian yang menarik nya adalah dr. Terawan mengatakan bahwa perubahan atau mutasi virus ini dengan mudah bisa di hadapi dengan vaksin nusantara, cukup dengan menambahkan  potongan mutasi virus baru kedalam antigen dan langsung jadi vaksin dalam kurun waktu hanya 8 hari saja.

Jika saja perwakilan pemerintah India mendengar rekamanan RDP itu, mungkin dr. Terawan sudah mendapatkan lampu hijau untuk melakukan uji klinis tahap 3 di India. Karena uji klinis tahap 3 vaksin nusantara tidak boleh dilakukan di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x